UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar

Ayut Dewantari Putri, Ayut Dewantari Putri (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d72ae0473407444f520a281d0efe060f.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
f94735888b05bb0d271ad057c5cad7d3.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Archive (BAB II)
6afbde1d7d06ae2ae68312131091665d.pdf - Published Version

Download (384kB)

Abstract

Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) diharapkan akses kesehatan terbuka bagi semua orang, sehingga setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar pada mulanya merupakan rumah sakit yang melayani anggota TNI-AD, PNS dan keluarganya serta masyarakat umum sebagai pengguna minor. Kemudian jumlah pasien mengalami peningkatan setelah rumah sakit ini menjadi rumah sakit mitra BPJS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling, metode purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan memberikan kuesioner terbuka kepada sampel sebanyak 100 responden dari pasien rawat inap peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Indikator dalam penelitian diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian terhadap hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang meliputi tangible (bukti nyata), empathy (empati), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), dan assurance (jaminan) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pasien, dengan persamaan regresi Y= 1,372 + 0,135 X1 + 0,148 X2 + 0,132 X3 + 0,213 X4 + 0,132 X5. Hasil dari R Square sebesar 0,780 menunjukkan bahwa kepuasan pasien rawat inap dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 78%, sedangkan sisanya 22% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: BPJS, Kualitas, Pelayanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item