UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Likuiditas Obligasi, Waktu Jatuh Tempo dan Kupon Obligasi Terhadap Perubahan Harga Obligasi Korporasi Berperingkat Tinggi Di Bursa Efek Indonesia.

Ni Komang Dyah Purnama Sari, NI KOMANG DYAH PURNAMA SARI (2016) Pengaruh Likuiditas Obligasi, Waktu Jatuh Tempo dan Kupon Obligasi Terhadap Perubahan Harga Obligasi Korporasi Berperingkat Tinggi Di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d6e753ba83e859a7e0ac5f31172188c4.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Archive (BAB I)
53d5eb85359efef4b40f0eb072e629c5.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Archive (BAB II)
e930b38d2e65a1c5a6d22b3d43fe1f3a.pdf - Published Version

Download (83kB)

Abstract

Adanya pasar modal sangat penting bagi perusahaan dan investor. Perusahaan yang membutuhkan dana dapat menghimpun dana melalui pasar modal sedangkan investor dapat menyalurkan dana pada bagian-bagian sekuritas dengan harapan memperoleh imbalan berupa kupon jika berinvestasi pada obligasi dan investor dapat memperoleh keuntungan berupa capital gain yang dapat dilihat dari perubahan harga obligasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas obligasi, waktu jatuh tempo, dan kupon obligasi terhadap perubahan harga obligasi korporasi berperingkat tinggi di bursa efek indonesia. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari ICAMEL, IBPA, BEI, KSEI dan PT. Pefindo. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 39 obligasi, dengan metode porposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengolahan datanya menggunakan IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa likuiditas obligasi tidak berpengaruh terhadap perubahan harga obligasi. Waktu jatuh tempo berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perubahan harga obligasi. Kupon obligasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga obligasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dan simpulan yang telah diperoleh, maka saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut, investor dapat membeli obligasi yang tidak memiliki waktu jatuh tempo yang lama karena semakin lama jangka waktu jatuh tempo suatu obligasi maka akan semakin turun tingkat perubahan harga obligasi. Investor dapat pula membeli obligasi dengan menawarkan nilai kupon tinggi karena memiliki tingkat perubahan harga yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: perubahan harga obligasi, likuiditas obligasi, waktu jatuh tempo, kupon obligasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item