UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Yoga Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri di Denpasar

Putu Wirmayani, Putu Wirmayani (2016) Pengaruh Yoga Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri di Denpasar. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
49129c3226ee5ab0a7201c7484067092.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
7360ff5ef638f8e2877eead91917730f.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Archive (BAB II)
a85c493df04387d67358c4cd3898e133.pdf - Published Version

Download (444kB)

Abstract

Pendidikan memegang peran yang penting untuk dapat membantu anak untuk mengembangkan potensinya. Ketika belajar di sekolah, konsentrasi belajar menjadi salah satu faktor penentu prestasi belajar anak (Nisa, 2008 &Kintari, 2014). Kemampuan konsentrasi belajar anak pada usia Sekolah Dasar menjadi lebih selektif, beradaptasi, dan terencana ketika berhadapan dengan sistem pendidikan yang baik. Menurut Margolis (1990), relaksasi dapat mempengaruhi konsentrasi belajar. Yoga adalah aktivitas yang berfokus pada penyatuan tubuh dan pikiran melalui gerakan dan relaksasi. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh Yoga terhadap kemampuan konsentrasi belajar anak SD Negeri di Denpasar.Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Sampel diambil secara acak melalui teknik two stages cluster sampling hingga didapat subyek yang berada di kelas IV SD N 1 Padangsambian sebanyak 73 siswa.Tahap penelitian terdiri dari pre-test, perlakuan yoga (untuk kelompok eksperimen), dan post-test.Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner kemampuan konsentrasi belajar yang terdiri dari 24 aitem dengan reliabilitas 0.859. Yoga diberikan selama dua kali seminggu selama 8 sesi dengan durasi 1 jam. Analisis uji bedaIndependent Sample T-Testmenunjukkan hasil yang signifikan (t = 2.390; p = 0.011 ≤ 0.05), yang artinya Ho ditolak.Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Yoga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsentrasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Denpasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Yoga, Kemampuan Konsentrasi Belajar, Siswa SD Negeri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item