UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL KECELAKAAN KERJA BAGI PEKERJA PADA PT. TARU SAKTI UTAMA DI KUTA BADUNG

Ni Nyoman Riska Agustina, NI NYOMAN RISKA AGUSTINA (2016) PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL KECELAKAAN KERJA BAGI PEKERJA PADA PT. TARU SAKTI UTAMA DI KUTA BADUNG. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
7e267e9bf8fcc8d8dd7aa99f08811b3d.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Archive (BAB I)
181547d748b0f7c46aa563d003dd900c.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Archive (BAB II)
9ca6de4e5577f98d180305f7379f436a.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap tenaga kerja sangat dibutuhkan, terutama pada saat mengahadapi resiko-resiko yang mungkin timbul. Resiko tersebut berupa kecelakaan kerja yang dialami oleh pekerja. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, bahwa terdapat 284 (dua ratus delapan puluh empat) perusahaan perkayuan yang terdaftar di Denpasar. Namun, dari data yang diperoleh di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, hanya 28 (dua puluh delapan) perusahaan perkayuan yang mengikutsertakan pekerjanya dalam jaminan sosial tenaga kerja. Ini membuktikan bahwa masih banyak perusahaan yang belum mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan sosial tenaga kerja. Salah satu perusahaan yang belum mengikutsertakan pekerjanya adalah PT. Taru Sakti Utama. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah bagaimana pelaksanaan tanggung jawab PT. Taru Sakti Utama dalam memberikan jaminan sosial bila terjadi kecelakaan kerja pada pekerjanya? dan apa yang menjadi kendala PT. Taru Sakti Utama belum mengikutsertakan pekerja dalam program jaminan sosial kecelakaan kerja? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan fakta. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan tanggung jawab PT. Taru Sakti Utama untuk mengikutsertakan pekerja dalam program jaminan sosial kecelakaan kerja yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kecelakaan Kerja adalah belum dilaksanakan. Dan kendala-kendala yang dihadapi PT. Taru Sakti Utama untuk mengikutsertakan pekerja dalam program jaminan sosial kecelakaan kerja yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kecelakaan Kerja adalah faktor kesadaran hukum pengusaha maupun pekerja yang masih rendah karena pekerja tidak pernah menuntut pengusaha untuk mengikutsertakannya dalam jaminan sosial kecelakaan kerja dan faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pelaksanaan, Jaminan Sosial Kecelakaan Kerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item