UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERANAN SISTEM AGRIBISNIS TERHADAP KEBERHASILAN TUMPANGSARI CABAI - TEMBAKAU (KASUS SUBAK DI DESA SUKAWATI, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR).

I Nengah Surata Adnyana, I Nengah Surata Adnyana, SP (2016) PERANAN SISTEM AGRIBISNIS TERHADAP KEBERHASILAN TUMPANGSARI CABAI - TEMBAKAU (KASUS SUBAK DI DESA SUKAWATI, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR). Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
a143683d878e08cbe9083946680971e4.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Archive (BAB I)
44ad145f3a7b66c72b0f950fb4d6aac6.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Archive (BAB II)
9fd55a45ea4d9fa45536c31af5b23a67.pdf - Published Version

Download (282kB)

Abstract

Pembangunan pertanian di Indonesia masih menjadi sektor andalan dan terpenting dari keseluruhan ekonomi. Salah satu caranya, mengembangkan potensi daerah yang masih ada melalui hortikultura dan perkebunan rakyat serta menerapkan sistem manajemen agribisnis yang benar. Agribisnis sebagai sektor ekonomi rakyat masih memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan lebih lanjut, baik untuk memperkuat ekonomi rakyat maupun devisa Negara Indonesia. Desa Sukawati sangat berpotensi untuk mengembangkan sistem tumpang-sari cabai-tembakau karena memiliki lahan yang paling cocok dan terluas di Kabupaten Gianyar. Tanaman cabai-tembakau memiliki genus yang sama, bisa tumbuh dengan baik, memiliki varietas lokal yang masih eksis, tembakau yang diusahakan merupakan tembakau perkebunan rakyat yang dipakai untuk susur. Penelitian dilakukan di Desa Sukawati yang dipilih secara purposive. Populasi penelitian adalah seluruh petani yang telah menerapkan sistem pertanian tumpangsari cabai-tembakau pada tahun 2013 dan 2014 di 13 subak yang ada di Desa Sukawati. Sampel penelitian sebanyak 90 responden yang dipilih dengan metode simple random sampling. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan analisis hubungan dengan partial least square (PLS) dengan bantuan program Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan yaitu: (1) sub-sistem pengadaan dan penyaluran sarana produksi berperan positif dan nyata terhadap keberhasilan tumpangsari cabai-tembakau dengan kategori baik; (2) sub-sistem usahatani berperan positif dan nyata terhadap keberhasilan tumpangsari cabai-tembakau dengan kategori baik; (3) sub-sistem pasca panen dan pengolahan lanjutan berperan positif dan nyata terhadap keberhasilan tumpangsari cabai-tembakau dengan kategori baik; (4) sub-sistem pemasaran berperan positif dan nyata terhadap keberhasilan sistem tumpangsari cabai-tembakau dengan kategori kurang baik; dan (5) sub-sistem jasa penunjang berperan positif dan nyata terhadap keberhasilan tumpangsari cabai-tembakau dengan kategori baik. Saran-saran yang dapat disampaikan adalah (1) pendidikan informal petani berupa sekolah lapang dan latihan perlu lebih ditingkatkan lagi; (2) kelompok tani yang sudah membentuk koperasi dengan bisnis sarana produksi hanya pupuk saja perlu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar dapat memasarkan hasil cabai-tembakau sehingga stabilitas harga dapat dijaga; dan (3) penelitian lain dengan model dan variabel-variabel yang berbeda perlu dilakukan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peranan, sistem agribisnis, keberhasilan tumpangsari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item