UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB PT.PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP HILANGNYA OBJEK JAMINAN GADAI

Ida Bagus Gde Surya Pradnyana, IDA BAGUS GDE SURYA PRADNYANA (2016) TANGGUNG JAWAB PT.PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP HILANGNYA OBJEK JAMINAN GADAI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
96a52a5d746c238bd5f737626c615c71.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Archive (BAB I)
0358407e3bf92c32ecc801181279289d.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Archive (BAB II)
a249156343bb06502ba9b338911aeef1.pdf - Published Version

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seorang berpiutang atas suatu barang bergerak, yang diserahkan kepadanya oleh seorang berutang atau oleh seorang lain atas namanya, dan yang memberikan kekuasaan kepada si berpiutang itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut secara didahulukan. Di Indonesia, badan hukum yang ditunjuk untuk mengelola lembaga gadai adalah PT.Pegadaian. Didalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tidak dijelaskan bagaimana bentuk pertanggungjawaban yang pasti dari PT. Pegadaian terhadap hilangnya jaminan gadai akibat kelalaian atau kesalahan dari PT. Pegadaian. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dapat diangkat adalah bagaimana pertanggungjawaban PT. Pegadaian terhadap hilangnya objek jaminan gadai yang disebabkan oleh kelalaian PT. Pegadaian. Metode hukum yang dipergunakan adalah metode empiris, yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan-bahan hukum tersebut disusun secara sistematis, dikaji kemudian ditarik suatu kesimpulan dalam hubungannya dengan masalah yang diteliti. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa Bentuk perlindungan hukum terhadap debitur dalam perjanjian gadai terdapat pada angka 4 dalam perjanjian gadai, yang menyatakan bila dikemudian hari barang jaminan hilang atau rusak akan diganti sebesar 125% dari nlai taksiran, setelah dikurangi uang pinjaman dan sewa modal. Jika terjadi kehilangan terhadap barang jaminan yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian PT. Pegadaian maka PT. Pegadaian akan mengganti sebesar 125% dari nilai taksiran, setelah dikurangi uang pinjaman dan sewa modal sesuai dengan ketentuan Pasal 1157 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan dari isi perjanjian atau Surat Bukti Kredit pada angka (4) yang telah di bakukan oleh Pegadaian dan disepakati oleh nasabah. Apabila kreditor dapat membuktikan bahwa benda gadai tersebut hilang bukan karena kelalaiannya atau disebabkan karena terjadi force majeure. maka kreditor tidak bertanggungjawab dalam kerugian yang disebabkan karena force majeure.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tanggung Jawab, PT. Pegadaian, Jaminan Gadai,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item