UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERKAIT OBAT TRADISIONAL YANG MERUGIKAN KONSUMEN (STUDI PADA: BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI DENPASAR)

Ni Putu Ayu Yuliana Murni, NI PUTU AYU YULIANA MURNI (2016) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERKAIT OBAT TRADISIONAL YANG MERUGIKAN KONSUMEN (STUDI PADA: BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI DENPASAR). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d0d8562c03de526063c34c5f2147fffe.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Archive (BAB I)
27e5eaadc8295ab49fc06054e9f4bd53.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Archive (BAB II)
24487b16d0df3e85c1aa30288b44ae83.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Pengolahan obat tradisional yang menggunakan mesin, menyebabkan beberapa pelaku usaha telah berbuat curang dalam pengolahan obat tradisional. Kenyataanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan telah menemukan beberapa produk obat tradisional yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan. Obat tradisional seperti ini yang dapat merugikan konsumen. Berdasarkan latar belakang diatas penulis membuat rumusan masalah yaitu bagaimanakah pengawasan dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Denpasar terkait pelaku usaha yang merugikan konsumen akibat mengkonsumsu obat tradisional? Dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat mengkonsumsi obat tradisional?. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Denpasar yang merugikan konsumen dan mengetahui tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat mengkonsumsi obat tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris dengan pendekatan fakta (the fact approach). Dalam pendekatan ini, fakta-fakta yang terdapat dilapangan yang diamati dikumpulkan secara metodis kemudian dijadikan bahan untuk menunjang penelitian. Pelaksanaan pengawasan tim Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Denpasar terkait pelaku usaha yang merugikan konsumen akibat mengkonsumsi obat tradisional dilakukan dengan dua cara yaitu pencegahan dan penindakan, dalam pencegahan dan penindakannya tim Balai Besar Obat dan Makanan di bantu oleh Satuan tugas (Satgas). Dan mengenai tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat mengkonsumsi obat tradisional, pelaku usaha dibebankan prinsip tanggung jawab produk dan prinsip tanggung jawab mutlak. Kemudian saran untuk penelitian pertama, seharusnya pemerintah khususnya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Denpasar, Satgas serta akademisi diharapkan untuk lebih sering mengadakan penyuluhan dan sidak kepada para pelaku usaha dan konsumen. Saran untuk penelitian kedua, kesadaran hukum dari pelaku usaha perlu ditingkatkan karena bagaimanapun juga kerugian dari konsumen akan berpengaruh terhadap nama baik dan pencitraan pelaku usaha di masyarakat, terkait dengan hal ini diperlukan peran dari semua pihak baik dari pemerintah, komunitas-komunitas, akademisi dan persatuan bisnis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Obat tradisional, Kerugian, Pengawasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item