UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Persepsi Petani Terhadap Kualitas Layanan Penyuluh Pertanian Lapangan (Kasus Di Subak Durentaluh , Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan)

I Putu Pratya Permana, I Putu Pratya Permana (2016) Persepsi Petani Terhadap Kualitas Layanan Penyuluh Pertanian Lapangan (Kasus Di Subak Durentaluh , Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e839e957ac363873502c9aba8a0c0cd2.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Archive (BAB I)
15390abc2e1ad8ed713ba52b38b710bc.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Archive (BAB II)
4cb020f38438c261402d64edf246415a.pdf - Published Version

Download (214kB)

Abstract

Penyuluhan dapat menjadi sarana kebijakan yang efektif untuk mendorong pembangunan pertanian dalam situasi petani tidak mampu mencapai tujuannya. Kegiatan penyuluhan dalam pembangunan pertanian berperan sebagai jembatan yang menghubungkan antara praktek yang dijalankan oleh petani dengan pengetahuan dan teknologi petani yang selalu berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi petani terhadap kualitas layanan PPL dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi PPL dalam melaksanakan tugasnya di Subak Durentaluh, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persepsi petani Subak Durentaluh terhadap kualitas layanan PPL di Desa Belimbing termasuk kategori baik, dengan pencapaian skor rata-rata sebesar 4,15 (82,90%, dari skor maksimal). Kendala PPL dalam melaksanakan tugas pokok yang paling dominan dari aspek teknis. Alat bantu penyuluhan yang dimiliki sangat minim, hanya memakai papan tulis, spidol, dan print out materi. Diharapkan PPL mampu dan selektif menganjurkan kepada petani untuk menerapkan inovasi yang tepat diterapkan agar dapat menjamin inovasi yang dianjurkan berhasil jika diterapkan. Perlu adanya perhatian dari pemerintah untuk memfasilitasi ketersediaan sarana penunjang penyuluhan agar kegiatan penyuluhan menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Petani, Kualitas Layanan, Penyuluh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item View Item