UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Komunikasi dan Gaya kepemimpinan Terhadap Semangat kerja Karyawan Di Fontana Hotel Bali.

Ni Wayan Lisnawati, Ni Wayan Lisnawati (2016) Pengaruh Komunikasi dan Gaya kepemimpinan Terhadap Semangat kerja Karyawan Di Fontana Hotel Bali. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c85148a1062c87f68a82439b342fdfa5.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Archive (BAB I)
4a2705caebbf9e99e65d23e75f4e69e7.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Archive (BAB II)
b04cd82fa063dac5362ffc2d24fc1ace.pdf - Published Version

Download (301kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur terpenting dalam proses pembangunan perusahaan dan pencapaian tujuan perusahaan. Demi tercapainya tujuan perusahaan maka diperlukan gaya kepemimpinan yang baik dan komunikasi secara vertikal, horizontal demi meningkatkan semangat kerja karyawan yang tinggi. Akan tetapi di Fontana Hotel Bali mempunyai permasalahan mengenai kepemimpinan dan komunikasi atasan terhadap semangat kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh dan seberapa besar pengaruhnya terhadap semangat kerja karyawan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu 90 orang karyawan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi, uji F dan uji-t dengan level of significant 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis regresi linier berganda Y= (6.688) 0.810 (X1)+ 0.147 (X2). Hasil uji analisis korelasi komunikasi dikatakan berkorelasi sangat kuat . Hasil uji t variabel komunikaisi lebih besar berpengaruh sebesar t hitung 9.006 lebih besar dari t tabel 1,9872, dan uji F adalah sebesar F hitung (120,559) lebih besar dari F tabel (3,10). Berdasarkan koefisien determinan, diketahui nilai D = 0,735%, artinya sebesar 73,5% semangat kerja karyawan dipengaruhi oleh variabel komunikasi dan gaya kepemimpinan, sedangkan sisanya sebesar 26,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. hal ini menunjukan terjadi pola pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi dan gaya kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan Simpulannya bahwa variabel komunikasi lebih berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan di Fontana Hotel Bali. Sarannya adalah selalu menjalin hub yang baik atasan dengan bawahan, agar terjalin komunikasi yang baik serta memimpin dengan sikap yang berlaku adil sehingga nantinya permasalahan yang pernah ada tidak akan terulang kembali, karena dari komunikasi dan gaya kepemimpinan atasan sangatlah berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan. E. Kata kunci : Komunikasi,Gaya Kepemimpinan, dan Semangat Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Semangat Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item