UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

STATUS PEKERJA OUTSOURCING DALAM HAL TERJADINYA PELANGGARAN JANGKA WAKTU PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Ida Ayu Kade Rienda Cintya Dewi, IDA AYU KADE RIENDA CINTYA DEWI (2016) STATUS PEKERJA OUTSOURCING DALAM HAL TERJADINYA PELANGGARAN JANGKA WAKTU PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6b771c4c678da6c439e3fa467f80dca9.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
28453f51ba9c2f9b702fda5cf6943637.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Archive (BAB II)
0826d2872f822772a5ecfe1d88703821.pdf - Published Version

Download (234kB)

Abstract

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) merupakan perjanjian kerja yang memiliki batas waktu tertentu dalam pengerjaannya sengan disepakati para pihak. PKWT harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Peraturan Perundang-undangan. Jika terjadi pelanggaran pada PKWT maka perjanjian tersebut dapat dikatakan batal demi hukum dan dapat pula menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). Sistem outsourcing pada umumnya menggunakan PKWT. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini yaitu mengenai, status pekerja outsourcing dalam hal terjadinya pelanggaran PKWT jika ditinjau dari Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan bagaimana penyelesaian permasalahan status pekerja outsourcing tersebut. Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk dapat mengetahui dan memahami status pekerja outsourcing jika terjadi pelanggaran PKWT serta untuk mengetahui dan memahami penyelesaian status pekerja outsourcing jika terjadi pelanggaran PKWT. Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah jenis penelitian hukum yuridis normatif, penelitian ini terutama menggunakan bahan-bahan kepustakaan dan peraturan perundang-undangan sebagai sumber bahan penelitiannya. Pekerja outsourcing dalam hal terjadinya pelanggaran PKWT seharusnya berstatus sebagai pekerja tetap di perusahaan penyedia jasa pekerja. Penyelesaian permasalahan tersebut dapat melalui penyelesaian diluar pengadilan maupun melalui Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI). Penyelesaian industrial sebaikya diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Status Pekerja, Outsourcing, Pelanggaran, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item