UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Profesionalisme Pelayanan Room Attendant dalam Memberikan Pelayanan Kepada Wisatawan di Keraton Jimbaran Resort and Spa

Ni Kadek Sucita Arimbawati, Ni Kadek Sucita Arimbawati (2016) Profesionalisme Pelayanan Room Attendant dalam Memberikan Pelayanan Kepada Wisatawan di Keraton Jimbaran Resort and Spa. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0386d20eb5a7a810b9fd0abba0da3613.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Archive (BAB I)
c66eb9c0a96ece272dfe0617eb075f16.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Archive (BAB II)
d38cdeb0016fdf19f7a62eddd2d14d84.pdf - Published Version

Download (196kB)

Abstract

Hotel harus mampu memberi pelayanan yang baik kepada wisatawan, dengan memberikan pelayanan yang baik maka wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman. Room attendant juga dituntut untuk mempunyai cara kerja yang penuh dengan rasa tanggungjawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan wisatawan terhadap profesionalisme pelayanan room attendant di Keraton Jimbaran Resort and Spa dan indikator-indikator apa saja yang menjadi prioritas profesionalisme pelayanan room attendant di Keraton Jimbaran Resort and Spa. Adapun tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap profesionalisme Pelayanan room attendant serta untuk mengetahui indikator yang menjadi prioritas profesionalisme pelayanan room attendant di Keraton Jimbaran Resort and Spa. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapat perhitungan bahwa kuesioner responden yang digunakan berjumlah 100 responden dengan 28 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif yang terdiri dari Important Performance Analysis. Dari hasil penelitian ini di ketahui bahwa tingkat profesionalisme pelayanan room attendant di Keraton Jimbaran Resort and Spa memperoleh nilai sebesar 97,50 persen dengan kriteria puas dengan profesionalisme pelayanan yang diberikan oleh room attendant dari penilaian wisatawan berdasarkan penyebaran kuesioner dan indikator yang menjadi prioritas profesionalisme berdasarkan urutan tingkat kesesuaian yang dinilai dari 60,01 persen sampai dengan 80,00 persen oleh wisatawan dengan kriteria cukup puas berada pada prioritas 1 (satu) samapai dengan 8 (delapan) ada pada indikator daya tanggap, wujud langsung, keterampilan, kehandalan, dan keamanan. Saran yang dapat diberikan terhadap profesionalisme pelayanan room attendant di Keraton Jimbaran Resort and Spa harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar wisatawan yang berkunjung mendapatkan kepuasan sehingga diharapkan nantinya kembali lagi mengunjungi Keraton Jimbaran Resort and Spa karena pada saat wisatawan menginap dilayani dengan professional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Pelayanan Room Attendant dan Kepusan wisatawan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item