UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Desentralisasi Fiskal pada Pertumbuhan Ekonomi dengan Moderasi Akuntabilitas Pelaporan Keuangan (Studi Kasus pada Kabupaten/Kota se Provinsi Bali Tahun 2007-2013).

Dewa Made Adi Kesuma Yudha, Dewa Made Adi Kesuma Yudha (2016) Pengaruh Desentralisasi Fiskal pada Pertumbuhan Ekonomi dengan Moderasi Akuntabilitas Pelaporan Keuangan (Studi Kasus pada Kabupaten/Kota se Provinsi Bali Tahun 2007-2013). Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6e7f5fdf8a49dec079e5f832caa2ac55.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Archive (BAB I)
c820d0f62d0a0fd99633ced3a7183d01.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Archive (BAB II)
e2aee8861793ec650a9d31347f078f31.pdf - Published Version

Download (115kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menjadi penting artinya sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan di daerah atas penerapan desentralisasi fiskal. Adanya perbedaan hasil penelitian desentralisasi fiskal pada pertumbuhan ekonomi menunjukkan kemungkinan adanya faktor lain dalam pengaruh desentralisasi fiskal pada pertumbuhan ekonomi yang menjadi hal menarik untuk diteliti dari sudut pandang teori kontinjensi. Pada penelitian ini, akan ditambahkan variabel akuntabilitas pelaporan keuangan sebagai variabel pemoderasi. Terciptanya suatu pemerintah daerah yang akuntabel menjadi suatu harapan tersendiri bagi masyarakat, sehingga tercipta suatu sistem pertanggungjawaban pemerintah daerah sebagai entitas yang mengelola dan bertanggung jawab atas penggunaan kekayaan daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh desentralisasi fiskal pada pertumbuhan ekonomi dan kemampuan akuntabilitas pelaporan keuangan dalam memoderasi desentralisasi fiskal pada pertumbuhan ekonomi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan APBD kabupaten/kota di Provinsi Bali tahun 2007 sampai dengan 2012 dan laporan PDRB kabupaten/kota di Provinsi Bali tahun 2008 sampai dengan 2013 dan opini audit BPK RI untuk kabupaten/kota di Provinsi Bali tahun 2007 sampai dengan 2012. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa derajat desentralisasi fiskal berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi yang berarti upaya meningkatkan peran pemerintah daerah dalam proses pembangunan di daerahnya sudah berjalan secara efektif dalam memberikan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi dan akuntabilitas pelaporan keuangan tidak memoderasi pengaruh desentralisasi fiskal pada pertumbuhan ekonomi Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam konteks desentralisasi fiskal yang harus lebih ditingkatkan secara optimal. Kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan instrumen kuesioner, pengamatan langsung ke pemerintah daerah atau wawancara dengan pihak-pihak terkait untuk hasil yang lebih akurat, dan menambah waktu/periode serta luas wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desentralisasi Fiskal, Akuntabilitas Pelaporan Keuangan, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11436

Actions (login required)

View Item View Item