UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA ATAS PENJUALAN BARANG CACAT TERSEMBUNYI: STUDI PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA DENPASAR

Ni Made Dwi Nurmahayani, NI MADE DWI NURMAHAYANI (2016) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA ATAS PENJUALAN BARANG CACAT TERSEMBUNYI: STUDI PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA DENPASAR. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
7cbbdbdd7de23843cfc9aeb6dee12430.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Archive (BAB I)
0f200cf4b231d6c7345ece15956dfed2.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Archive (BAB II)
e179cdc311bfd504199b91488284c864.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Semakin berkembangnya teknologi yang ada, banyak menimbulkan dampak yang terjadi bagi konsumen salah satunya adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam hal produksi. Melalui Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (selanjutnya disebut UUPK) diharapkan melindungi konsumen akan hak-haknya atas pelangaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Pelanggaran yang ditemukan di lapangan yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Denpasar (selanjutnya disebut BPSK) adalah penjualan barang cacat tersembunyi. BPSK bertugas untuk menyelesaiakan sengketa konsumen dan pelaku usaha. Adapun permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana bentuk tanggung jawab pelaku usaha atas penjualan barang cacat tersembunyi (studi pada BPSK Kota Denpasar)? yang kedua upaya apa yang dilakukan oleh BPSK Kota Denpasar dalam penyelesaian sengketa penjualan barang cacat tersembunyi? Penelitian ini sangat penting bagi konsumen untuk mendapatkan hak-hak konsumen akan kerugian yang dialami karena pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah metode yuridis empiris, yaitu cara prosedur yang dipergunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer dilapangan. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha dalam penjualan barang cacat tersembunyi (studi pada BPSK Kota Denpasar) adalah pengembalian uang atau penggantian barang sejenis, membayar biaya transportasi yang timbul dalam menyelesaiakan sengketa di BPSK yang sesuai dengan Pasal 19 ayat 2 UUPK. Upaya yang dilakukan BPSK dalam menyelesaikan sengketa penjualan barang cacat tersembunyi adalah majelis BPSK bertindak aktif sebagai mediator dengan memberikan nasehat, petunjuk, saran dan upaya-upaya lain dalam menyelesaikan sengketa dan menggugat isi perjanjian yang telah dibuat oleh para pihak dalam bentuk putusan BPSK yang tertuang dalam akta perdamaian. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan pelaku usaha dalam menyeleksi barang yang akan dijual lebih hati-hati agar terhindar dari penjualan barang cacat tersembunyi, dan BPSK diharapkan dalam menyelesaikan sengketa para pihak bersikap netral dan tidak mengedepankan konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tanggung Jawab, Pelaku usaha, Cacat tersembunyi, BPSK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item