UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA OLEH RUMAH SAKIT TERHADAP DOKTER YANG MELAKUKAN MALPRAKTEK

Ni Made Antika Permata Wardana, NI MADE ANTIKA PERMATA WARDANA (2016) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA OLEH RUMAH SAKIT TERHADAP DOKTER YANG MELAKUKAN MALPRAKTEK. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e0ae353b52cedf42dea97d4911853960.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Archive (BAB I)
ecde6461af6ea1465e4ef9192df5ec4c.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Archive (BAB II)
45a0c1e43c902ecaff33a01a7d7329ef.pdf - Published Version

Download (118kB)

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia, dimana setiap orang berhak atas hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal yang layak, mendapatkan lingkungan hidup yang baik, sehat dan berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Terdapat berbagai macam penyediaan pelayanan kesehatan yang terbuka untuk umum, salah satunya rumah sakit. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan dirumah sakit tidak dapat terlepas dari adanya peranan profesi dokter. Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat, maka turut sertanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan pada saat ini mengharuskan seorang dokter wajib mengikuti perkembangan yang ada dalam rangka pemberian pelayanan yang bermutu, seperti halnya dalam metode perawatan membuat dokter tidak dapat secara leluasa memberikan tindakan medis. Akibat dari adanya perkembangan tersebut membuat permasalahan yang timbul dalam pelayanan kesehatan juga bertambah besar dan kemungkinan untuk melakukan kesalahan semakin besar, secara medis permasalahan yang timbul dalam pelayanan kesehatan disebut dengan malpraktek. Berdasarkan uraian di atas adapun permasalahan yang diangkat bagaimanakah pertanggungjawaban pidana oleh rumah sakit terhadap dokter yang melakukan malpraktek dalam pelayanan kesehatan dan bagaimanakah kebijakan hukum pidana terhadap dokter yang melakukan malpraktek di rumah sakit Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian normatif, yaitu pendekatan perundang-undangan (The Statute Approach) dan pendekatan analisa konsep hukum (Analitical & Conseptual Approach), artinya suatu masalah akan dilihat dengan menelaah semua undang-undang dan menganlisa konsep hukum. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah secara hukum, rumah sakit dapat dimintai pertanggungjawaban pidana sesuai dengan ketentuan Pasal 46 UU Rumah Sakit, Pasal 359 KUHP, dan Pasal 361 KUHP. Secara korporasi rumah sakit juga dapat dimintai pertanggungjawaban pidana sesuai dengan teori respondent superior, hospital liability, dan strick liability. Mengenai kebijakan hukum pidana terhadap dokter yang melakukan malpraktek dirumah sakit apabila malpraktek telah memenuhi syarat dan kebijakan dapat diberikan sesuai dengan unsur perbuatan dilakukan oleh subjek hukum, adanya kesalahan, perbuatan yang dilakukan bersifat melawan hukum, adanya pelaku mampu bertanggungjawab, dan adanya pengecualian penjatuhan pidana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, dokter, rumah sakit, malpraktek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item