UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

KEDUDUKAN JAMINAN RESI GUDANG DALAM SISTEM HUKUM JAMINAN

Wahyu Suwena Putri, WAHYU SUWENA PUTRI (2016) KEDUDUKAN JAMINAN RESI GUDANG DALAM SISTEM HUKUM JAMINAN. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d33e9d5def9920165f6bead455f64218.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Archive (BAB I)
be83c2bf861ba6d3ac968024d391116e.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Archive (BAB II)
d450e7b6176ac6e1a80c88e9118aa1e5.pdf - Published Version

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Pola tanam yang seragam di Indonesia menyebabkan harga jual gabah merosot karena akan dihasilkan gabah yang melimpah pada masa panen dalam kurun waktu yang hampir bersamaan. Dengan permasalahan seperti ini agar para petani tidak bergantung dengan tengkulak atau rentenir, maka pemerintah membentuk lembaga baru yaitu Resi Gudang yang berfungsi untuk menyimpan hasil tani dan menjualnya ketika harga gabah sudah mulai tinggi. Selain itu dokumen Resi Gudang yang dimiliki oleh pemegang Resi Gudang dapat dijadikan jaminan, sayangnya tidak banyak masyarakat yang mengetahui tentang lembaga ini sehingga perlu dibahas lebih lanjut mengenai posisi jaminan resi gudang dalam sistem hukum jaminan. Peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh pemerintah belum secara rinci mengatur mengenai jaminan ini sehingga keabsahan resi gudang sebagai objek jaminan dalam hal rusaknya barang yang disimpan masih belum diatur secara jelas, agar terciptanya kepastian hukum bagi masyarakat maka hal ini perlu dibahas lebih lanjut. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang dilatarbelakangi oleh adanya kekosongan norma dengan menggunakan analisis konsep hukum dan pendekatan perundang-undangan. Jaminan resi gudang merupakan lembaga jaminan baru yang khusus dan berbeda dengan sistem jaminan kebendaan yang lainnya. Dalam sistem hukum jaminan, Jaminan Resi Gudang menganut sistem tertutup atau close system, karena Jaminan Resi Gudang merupakan perjanjian yang diatur dalam undang-undangnya tersendiri yaitu Undang-Undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang. Meskipun barang yang disimpan di gudang mengalami kerusakan, resi gudang masih dianggap sah karena rusaknya barang yang disimpan di gudang tidak menjadi salah satu alasan hapusnya perjanjian jaminan resi gudang. Kerugian yang dialami dapat dipertanggungjawabkan melalui asuransi. Namun hal ini juga perlu diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang resi gudang, sehingga tercipta kepastian hukum bagi masyarakat. Selain itu lembaga-lembaga pemerintah lainnya yang telah menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia dapat diikutsertakan dalam sistem resi gudang seperti Koperasi Unit Desa dan lembaga-lembaga lainnya, sehingga pemerintah tidak perlu membentuk lembaga baru serta dapat membantu sosialisasi tentang jaminan resi gudang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kedudukan Jaminan Resi Gudang,Jaminan Resi Gudang,Sistem Hukum Jaminan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item