UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaturan Penanaman Modal Asing Terkait Tenaga Kerja Indonesia

Siti Rahmawati, SITI RAHMAWATI (2016) Pengaturan Penanaman Modal Asing Terkait Tenaga Kerja Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c42f9c61f47e72dc1e34f91983eec83a.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Archive (BAB I)
ef573b5ab85aa695651eefb95c1fdaa1.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Archive (BAB II)
77000240e9a774ed0bbbfb7f98a2a3c1.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Setiap orang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan akan lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya tenaga kerja. Hak atas pekerjaan merupakan hak setiap warga negara. Pemerintah berkewajiban memberikan pekerjaan pada masyarakatnya dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan demi kesejahteraan rakyat. Pemerintah menerima masuknya penanaman modal asing untuk membantu membuka lapangan pekerjaan yang akan dapat menampung tenaga kerja Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Pemerintah membentuk Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal yang mengatur penanaman modal dalam negeri dan juga asing. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pengaturan mengenai penanaman modal asing terkait tenaga kerja Indonesia dan apa upaya-upaya pemerintah terkait penanaman modal asing guna meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja Indonesia. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan, norma-norma/kaidah-kaidah hukum yang berkaitan dengan permasalahan hukum yang dibahas. Adapun hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu dengan masuknya penanaman modal asing akan membantu membuka lapangan pekerjaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja Indonesia. Hal ini dikarenakan penanaman modal asing yang akan melakukan kegiatan usahanya di Indonesia harus berbentuk Perseroan Terbatas. Perusahaan penanaman modal asing di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja harus mengutamakan tenaga kerja Indonesia, kecuali untuk keahlian tertentu dan jabatan tertentu boleh menggunakan tenaga kerja asing. Untuk dapat lebih meningkatkan kegiatan penanaman modal asing di Indonesia, pemerintah memberikan fasilitas-fasilitas penanaman modal berupa kemudahan di sektor pajak, hak atas tanah, fasilitas imigrasi dan fasilitas impor. Pemerintah menetapkan upah minimum yang harus diterapkan oleh perusahaan penanaman modal asing dan wajib diberikan setiap bulan kepada pekerja yang masih aktif bekerja dan pemerintah juga mewajibkan perusahaan penanaman modal asing mendaftarkan pekerjanya pada BPJS guna meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja yang masih aktif bekerja dan yang sudah tidak aktif bekerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal, Asing, Tenaga Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item