UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN CV. BALI INDAH DENGAN METODE BALANCED SCORECARD

Primi Safitri Saraswati, Primi Safitri Saraswati (2016) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN CV. BALI INDAH DENGAN METODE BALANCED SCORECARD. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
aa30ef12a9ded7469d61c2f1240b202a.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Archive (BAB I)
acb3e2395c9ab1daade38854c0bfcb8e.pdf - Published Version

Download (18kB)
[img] Archive (BAB II)
2393224a71df33502188190b3db32602.pdf - Published Version

Download (101kB)

Abstract

Persaingan dunia usaha telah meningkatkan standar kinerja dalam berbagai dimensi yang meliputi kualitas, biaya, serta operasional yang lancar. Tantangan yang ditimbulkan oleh adanya persaingan yang semakin meningkat, perusahaan atau lembaga usaha yang efektif bersedia melakukan hal-hal yang dianggap penting untuk memiliki daya saing strategis dan meningkatkan kemampuan perusahaan atau lembaga usaha secara keseluruhan. Artinya, perusahaan-perusahaan akan selalu bersaing untuk menarik konsumen melalui penawaran berbagai fasilitas dengan harga yang kompetitif, sehingga hal ini jelas akan mendorong pihak manajemen untuk membuat strategi-strategi tertentu guna memenangkan persaingan yang pada akhirnya tujuan perusahaan dapat dicapai. Penelitian ini berjudul “Analisis Kinerja Perusahaan CV. Bali Indah dengan Metode Balanced Scorecard. Kinerja perusahaan ditinjau dari empat perspektif Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja CV. Bali Indah dari empat perspektif Balanced Scorecard. Kinerja CV. Bali Indah dari perspektif keuangan pada penelitian ini dinilai dengan menggunakan: Rasio Likuiditas (Current Ratio dan Quick Ratio), Rasio Profitabilitas (Net Profit Margin, Return on Assets dan Return on Equity), Rasio Solvabilitas (Total Asset to Debt Ratio dan Networth to Debt Ratio), Rasio Leverage (Total Debt to Total Assets Ratio dan Total Debt to Equity Ratio) dan Rasio Aktivitas (Total Assets Turn Over). Kinerja perspektif pelanggan menggunakan tolok ukur akuisisi pelanggan dan indeks kepuasaan pelanggan (IKP). Kinerja proses bisnis internal dinilai menggunakan Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE). Penilaian kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dilakukan dengan menilai kapabilitas karyawan dengan mengukur produktivitas karyawan dan indeks kepuasan karyawan (IKK). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa CV. Bali Indah dari perspektif keuangan dari tahun 2011-2014 dinilai baik. Perspektif pelanggan dari akuisisi pelanggan terjadi fluktuasi dan indeks kepuasan pelanggan (IKP) menunjukkan hasil sangat baik (pelanggan sangat puas bertransaksi pada CV. Bali Indah). Penilaian kinerja perspektif proses bisnis internal dengan menilai transaksi pemesanan barang menggunakan analisis Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE), hasilnya baik yaitu transaksi pemesanan barang sudah berjalan efektif. Hasil penilaian kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dari produktivitas karyawan terjadi fluktuasi produktivitas dari tahun 2011-2014 dan dari indeks kepuasaan karyawan (IKK) hasilnya adalah baik (karyawan puas bekerja pada CV. Bali Indah).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal serta Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11494

Actions (login required)

View Item View Item