UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Dinamika Sendratari Mahabrata di Tengah Perjalanan Pesta Kesenian Bali

Kadek Suartaya, Kadek Suartaya (2016) Dinamika Sendratari Mahabrata di Tengah Perjalanan Pesta Kesenian Bali. Doctoral thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
4b1303ea1d854f5e971544cf7dd38720.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Archive (BAB I)
28b8edcdd9fdf9d93f51f5a896a89940.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Archive (BAB II)
7a739b855c313bd20dd83609a6051448.pdf - Published Version

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAK Sendratari Mahabharata adalah salah satu acara seni pertunjukan favorit sepanjang perjalanan Pesta Kesenian Bali (PKB), sejak tahun 1981 hingga 2014. Dibawakan oleh ratusan orang pemain, pertunjukan Sendratari Mahabharata di panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar, selalu mendapat apresiasi yang tinggi dari penonton. Selain oleh masyarakat umum, pertunjukan Sendratari Mahabharata di PKB juga disaksikan oleh para pejabat pemerintah dan para petinggi negara. Dua institusi seni yang selama ini mendapat kepercayaan untuk membawakan kesenian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Sukawati (semula Konservaroti Karawitan Indonesia—Kokar-Bali), dan Institut Seni Indonesia(semula Akademi Seni Tari Indonesia--ASTI) Denpasar. Sejak awal PKB hingga tahun 2014, Sendratari Mahabharata menunjukkan perkembangan yang sangat dinamis. Dikonstruksi dari berbagai elemen seni pertunjukan tradisional Bali, Sendratari Mahabharata menjadi representasi seni pertunjukan Bali yang memberdayakan nilai-nilai budaya lokal di tengah hegemoni budaya global. Sebagai seni pertunjukan modern, Sendratari Mahabharata senantiasa menghadirkan presentasi estetik yang kreatif dengan terobosan-terobosan artistik yang inovatif.Semuanya ini membuat Sendratari Mahabharata mampu menjawab berbagai pergeseran nilai artistik dan estetik dalam tradisi budaya Bali. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menjelaskan dinamika perubahan Sendratari Mahabharata sepanjang tiga puluh tiga tahun perjalanan PKB. Rumusan masalah penelitian mencakup: a) bentuk perubahan apa sajayang terjadi pada Sendratari Mahabharata di tengah perjalanan PKB, b) mengapaSendratari Mahabharata mengalami berbagai perubahan di tengah perjalanan PKB, dan c) apa makna dari semua perubahan Sendratari Mahabharata di tengah perjalanan PKB. Keseluruhan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen.Data dianalisis menggunakan metode kualitatif interpretatif.Teori utama yang digunakan adalah semiotika (Roland Barthes).Secara eklektik teori semiotika dibantu dengandua teori lainnya yaitu hegemoni (Antonio Gramsci) dan eksistensialisme (Jean Paul Sartre). Hasil analisis disajikan secara informal berupa penyajian dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika perubahan Sendratari Mahabharata PKB mencakup dua hal: bentuk intrinsik (elemen-elemen terdalam) dan eksterinsik (wujud luar). Kedua perubahan Sendratari Mahabharata PKB disebabkan oleh dorongan internal (keragaman khasanah seni pertunjukan Bali, kreativitas seniman, apresiasi penonton) dan eksternal (media massa, kemajuan teknologi, pengaruh globalisasi).Makna perubahan Sendratari Mahabharata PKB mencakup kreativitas seni, pelestarian budaya, inovasi seni budaya, pengayoman pemerintah, dan glokalisasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: dinamika, Sendratari Mahabharata, perjalanan Pesta Kesenian Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item