UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERJANJIAN GADAI YANG DIJAMIN DENGAN BARANG YANG BERASAL DARI HASIL KEJAHATAN : STUDI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SESETAN

I Gede Putu Aditya Suryabratha, I GEDE PUTU ADITYA SURYA BRATHA (2016) PERJANJIAN GADAI YANG DIJAMIN DENGAN BARANG YANG BERASAL DARI HASIL KEJAHATAN : STUDI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SESETAN. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e2758f5c96a21035df85880f2b5d25ec.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Archive (BAB I)
42723652d0bb67ffb2dfe53b8860787c.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Archive (BAB II)
17255ffd8d4dd17f75d025a2cd37e5f4.pdf - Published Version

Download (289kB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan hutang piutang cukup diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan sangat diperlukan dalam keadaan mendesak. Salah satu lembaga keuangan nonbank yang ada di Indonesia adalah PT. Pegadaian (Persero). Meminjam uang dengan cara gadai di PT. Pegadaian banyak dipilih sebagian orang karena perolehan kreditnya cepat dan tepat dengan prosedur yang mudah dan efisien. Setiap nasabah yang memberikan barang jaminan untuk digadaikan dianggap sebagai pemilik barang. Itu merupakan dasar dari peneriman barang gadai oleh PT. Pegadaian sesuai dengan ketentuan Pasal 1977 KUHPerdata. Jadi siapapun yang datang ke PT. Pegadaian dengan membawa barang jaminan untuk di gadaikan adalah sebagai pemilik sebenarnya barang tersebut. Tetapi apabila dalam kenyataannya ada kasus yang terjadi bahwa barang yang digadaikan bukan merupakan barang milik nasabah sendiri, melainkan barang yang didapatkan dari hasil kejahatan, maka pihak pegadaian dan pemilik barang yang sebenarnya merasa dirugikan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan dengan melihat kesenjangan teori dan praktek yang sesuai dengan hasil di lapangan karena data-data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data hukum yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan, dan data hukum sekunder berupa dokumen-dokumen seperti peraturan perundang-undangan dan literatur hukum. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perjanjian gadai terhadap barang jaminan yang berasal dari hasil kejahatan batal demi hukum karena tidak dipenuhinya syarat sahnya perjanjian yang dimuat dalam Pasal 1320 KUHPerdata yaitu sebab yang halal. PT. Pegadaian akan mengembalikan barang jaminan kepada pemilik sebenarnya, dan PT. Pegadaian (persero) akan meminta ganti rugi kepada debitur untuk melunasi hutangnya agar pihak pegadaian tidak dirugikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Akibat Hukum, Perjanjian, Gadai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item