UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perlindungan Hukum Terhadap Perawat Perempuan Di Rumah Sakit Swasta Yang Dipekerjakan Pada Malam Hari

Gede Kurnia Uttara Wungsu, GEDE KURNIA UTTARA WUNGSU (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Perawat Perempuan Di Rumah Sakit Swasta Yang Dipekerjakan Pada Malam Hari. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
cc2accb33375f94896f729d9aadac654.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Archive (BAB I)
dd87c37bf9513a82ebf4e67223da3934.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Archive (BAB II)
119e60fe460c04efb2f30320007a4a1d.pdf - Published Version

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Perawat merupakan salah satu profesi yang mengemban resiko yang sangat tinggi. Resiko pekerjaan perawat yang tinggi tersebut dapat bertambah lagi apabila dilakukan oleh seorang perempuan pada malam hari. Oleh karena hal tersebut, profesi perawat khususnya perawat perempuan harus mendapatkan perlindungan hukum dari tempat ia bekerja. Rumah sakit merupakan salah satu badan yang mempekerjakan tenaga kesehatan perawat. Rumah sakit menurut pengelolaannya dapat dibagi menjadi rumah sakit publik dan rumah sakit privat. Rumah sakit publik dikelola oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan badan hukum yang bersifat nirlaba. Sedangkan rumah sakit privat adalah rumah sakit yang dikelola oleh badan hukum yang bersifat provit. Rumah sakit dapat dibentuk oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit hanya mengatur tentang jenis rumah sakit menurut pengelolaannya dan pembentuk rumah sakit saja, tidak mengatur lebih lanjut tentang status hukum profesi perawat di rumah sakit swasta dan perlindungan hukum terhadap perawat perempuan yang dipekerjakan pada malam hari. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian tentang status profesi perawat di rumah sakit swasta dan perlindungan hukum terhadap perawat perempuan yang dipekerjakan pada malam hari, sehingga akan ditemukan kejelasan tentang dasar hukum apa yang dipakai dalam memberikan perlindungan hukum terhadap perawat perempuan yang dipekerjakan pada malam hari. Oleh karena ditemukannya kekosongan norma dalam Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit dan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum Normatif, yaitu menggunakan pendekatan melaui perspektif norma-norma yang sudah ada sebelumnya. Adapun hasil penelitian mengenai status profesi perawat di rumah sakit swasta merupakan sebagai tenaga kerja, karena dilihat dari pengelola rumah sakit swasta adalah badan hukum. Mengetahui bahwa status profesi perawat di rumah sakit swasta adalah sebagai tenaga kerja, maka acuan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap perawat perempuan yang dipekerjakan pada malam hari adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perawat Perempuan, Rumah Sakit Swasta, Tenaga Kerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item