UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SALES PROMOTION GIRL (SPG) TERKAIT SERAGAM KERJA

Tenry Iryma Leoza, TENRY IRYMA LEOZA (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SALES PROMOTION GIRL (SPG) TERKAIT SERAGAM KERJA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e1d0e2eea28dc5e725510f7a207ec450.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Archive (BAB I)
3b074cbe2373af5d365a8a8cbe54b090.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Archive (BAB II)
7c89feab18d45f2c9ed8ce2fa28f5283.pdf - Published Version

Download (204kB)

Abstract

Sales Promotion Girl (untuk selanjutnya disebut SPG) sebagai agen pemasaran dan pengiklanan yang langsung berhadapan dengan konsumen tersebut tentu saja harus memiliki penampilan yang menarik. SPG merupakan ujung tombak suatu perusahaan oleh karenanya penampilan yang menarik menjadi kebutuhan mendasar bagi SPG untuk dapat menarik perhatian konsumen. Namun seringkali perusahaan yang mengadakan hubungan kerja dengan SPG terlalu mengeskploitasi tubuh SPG dengan menetapkan seragam kerja yang terbuka untuk dikenakan. Hal ini menyebabkan rawannya keamanan dan keselamatan SPG dengan tindakan yang melanggar norma kesusilaan dan kesopanan. Berdasarkan uraian tersebut adapun permasalahan yang dibahas adalah bagaimanakah perlindungan hukum bagi SPG terkait seragam kerja yang digunakan dan bagaimanakah tanggung jawab pihak perusahaan terkait keamanan dan keselamatan kerja bagi SPG berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban mengenai perlindungan hukum bagi SPG saat melakukan pekerjaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan bahan hukum primer berupa peraturan perudang-undangan, serta ditunjang dengan bahan hukum sekunder dan tersier terkait dengan permasalahan yang dibahas dan dikumpulkan dengan studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perlindungan hukum yang diberikan oleh perusahaan terhadap SPG terkait seragam kerja adalah berdasarkan pada hubungan hukum akibat adanya perjanjian kerja, dimana SPG sebagai bagian dari perusahaan mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama khususnya mengenai standarisasi seragam kerja, serta perusahaan bertanggung jawab terhadap SPG untuk menjamin keamanan dan keselamatan yang bersangkutan dan memastikan bahwa tempat kerja yang bersangkutan tidak akan atau tidak bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Belum adanya peraturan khusus mengenai perlindungan hukum dan standarisasi seragam kerja bagi SPG, maka dari itu diharapkan pemerintah membentuk peraturan khusus mengenai perlindungan hukum bagi SPG demi tercapainya kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Sales Promotion Girl, Seragam Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item