UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DALAM PEREDARAN PRODUK KADALUWARSA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Pande Made Ayu Dwi Lestari, PANDE MADE AYU DWI LESTARI (2016) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DALAM PEREDARAN PRODUK KADALUWARSA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
92ce4cdd0f0ce2da2ed91e150caa81c5.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Archive (BAB I)
c86c800c886c6a12c9a17fbcd69e2d06.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Archive (BAB II)
ca02e1d662fc2461bca3a7742d5d7e5a.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Dalam era modernisasi ini banyak pelaku usaha yang menghasilkan barang/jasa dengan banyak varian barang yang dapat memberikan manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan barang dan/atau jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta hal ini akan semakin terbuka lebar kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan/atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan dari konsumen.Suatu waktu dalam posisi tunggal/sendiri maupun berkelompok bersama orang lain, dalam keadaan apapun pasti menjadi konsumen untuk suatu produk barang/jasa tertentu. Konsumen memiliki posisi yang lemah dalam memilih dan meneliti barang yang akan dikonsumsi salah satu contohnya dalam meneliti makanan. Dengan lemahnya posisi konsumen disini maka banyak pelaku usaha yang memiliki etikad buruk dalam melakukan pemasaran dengan membiarkan produk kadaluwarsa beredar di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Dipilihnya jenis penelitian hukum normatif karena penelitian ini menguraikan permasalahan-permasalahan yang ada dan selanjutnya dibahas dengan kajian berdasarkan teori-teori hukum kemudian dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam penelitian ini akan membahas dua hal yaitu yang pertama membahas bagaimana ketentuan peredaran produk kadaluwarsa berdasarkan peraturan perundang-undangan dan yang kedua membahas bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terdahap kerugian yang dialami oleh konsumen akibat mengonsumsi produk kadaluwarsa. Penelitian ini diharapkan pertama dapat meningkatkan kewajiban dan pengetahuan pelaku usaha mengenai ketentuan yang mengatur peredaran produk kadaluwarsa dan yang kedua untuk menyadarkan pelaku usaha akan tanggung jawab yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelaku usaha, Konsumen, Makanan Kadaluwarsa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item