UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PD. BPR BANK PASAR KABUPATEN BANGLI

Dewa Ayu Dwi Indah Cahyanti Badung, DEWA AYU DWI INDAH CAHYANTI BADUNG (2016) PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PD. BPR BANK PASAR KABUPATEN BANGLI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1ae644444630bd6f4edc6d4811b8ed27.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Archive (BAB I)
5d8e4fd11ebdba5d0499766e74735759.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Archive (BAB II)
6003b9d64358f81c593d0087a3bd5a7b.pdf - Published Version

Download (99kB)

Abstract

Penulisan skripsi yang berjudul Penyelesaian Kredit Macet Pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli dilatarbelakangi oleh bank memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dalam penyaluran kredit kepada debitur, PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli banyak mengalami permasalahan, salah satunya adalah kredit macet. Kredit macet yang tidak ditangani dengan baik akan mengganggu kondisi keuangan bank bahkan dapat menyebabkan bank menjadi bermasalah atau bangkrut. Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut 1) Faktor- faktor apa yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli, 2) Bagaimanakah upaya penyelesaian kredit macet pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli. Dalam penulisan skripsi ini metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris yaitu dengan melakukan penelitian secara langsung ke lapangan dengan mendatangi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara untuk memperoleh informasi terkait kredit macet dan teknik studi dokumen dilakukan atas bahan-bahan hukum yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah faktor–faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit macet pada PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli yaitu faktor internal bank dan faktor eksternal bank. Dalam menangani permasalahan kredit macet, PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli, menempuh penyelesaian non litigasi yang berupa 8 (delapan) langkah pembinaan dan restrukturisasi kredit. Apabila segala upaya pencegahan dan penyelesaian non litigasi tidak berhasil. Pihak PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli akan melakukan penyelesaian kredit macet melalui jalur litigasi yaitu dengan somasi, gugatan kepada debitur dan eksekusi jaminan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Saran yang dapat disampaikan penulis yaitu untuk mengurangi terjadinya kredit macet, pihak bank harus lebih cermat dalam melakukan analisis pemberian kredit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kredit macet, litigasi, non litigasi, restrukturisasi kredit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item