UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

RESIKO KREDITUR ATAS KREDIT MACET DENGAN JAMINAN FIDUSIA YANG BUKAN MILIK DEBITUR PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KOTA DENPASAR

Ni Nyoman Muryatini, Ni Nyoman Muryatini (2016) RESIKO KREDITUR ATAS KREDIT MACET DENGAN JAMINAN FIDUSIA YANG BUKAN MILIK DEBITUR PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f3298c2dc21d3c72c793232b87027772.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Archive (BAB I)
2305260d018973630ae39f7fb618b286.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Archive (BAB II)
daab5952812dfd390761ec550326f6eb.pdf - Published Version

Download (772kB)

Abstract

Tesis ini berjudul ” Resiko Kreditur Atas Kredit Macet Dengan Jaminan Fidusia Yang Bukan Milik Debitur Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Denpasar”. Permasalahan penelitian dari tesis ini, Pertama : Bagaimanakah akibat hukum dari pemberian kredit dengan jaminan fidusia yang menggunakan jaminan bukan milik debitur?. Kedua: Bagaimanakah resiko kreditur atas kredit macet dengan jaminan fidusia yang menggunakan jaminan bukan milik debitur pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Denpasar? Metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris yaitu dengan melihat permasalahan dari kenyataan yang ada dalam masyarakat dan dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Dengan jenis pendekatan kasus, pendekatan perundang-undangan, pendekatan analisis konsep hukum. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tertier, dengan teknik analisa dilakukan dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: Akibat hukum dari pemberian kredit dengan jaminan fidusia yang menggunakan jaminan bukan milik debitur dalam artian obyek tersebut tidak sah untuk dijadikan sebagai obyek dalam suatu perjanjian, karena berasal dari penggelapan dan penipuan maka berakibat perjanjian tersebut batal demi hukum. Hal ini karena bertentangan dengan ketentuan Pasal 1320 ayat (3) dan (4) KUHPerdata, perjanjian yang tidak memenuhi syarat objektif berakibat batal demi hukum. Untuk batal demi hukum maka tanpa dimintakan pengesahan atau putusan dari Pengadilan, perjanjian tersebut batal dan dianggap tidak pernah ada. Kedua: Pemberian kredit dengan jaminan fidusia yang bukan milik debitur berakibat bahwa perjanjian tersebut batal demi hukum, sehingga bank selaku kreditur tidak akan mendapatkan perlindungan hukum. Mengacu pada ketentuan pasal 1131 dan 1132 KUHperdata yang secara umum dapat diketahui bahwa debitur tetap harus bertanggung jawab untuk mengembalikan sisa utang-utangnya tersebut, BPR dapat menuntut penggantian objek jaminan dengan jaminan yang baru, atau debitur harus segera melunasi sisa kreditnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: BPR, Kredit Macet, Jaminan Bukan Milik Debitur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item