UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Pengaruh Faktor Sosial Demografi terhadap Intensitas Penggunaan Jaminan Kesehatan Bali Mandara di Kabupaten Buleleng

Intan Yuli Bhestari, Intan Yuli Bhestari (2016) Analisis Pengaruh Faktor Sosial Demografi terhadap Intensitas Penggunaan Jaminan Kesehatan Bali Mandara di Kabupaten Buleleng. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
cea91c606375bc835e6e395bba1f66aa.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Archive (BAB I)
8170c14ab4b040def85356eb14674529.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Archive (BAB II)
306d4a310dc854f89406bc11b2386bcd.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL DEMOGRAFI TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN JAMINAN KESEHATAN BALI MANDARA DI KABUPATEN BULELENG ABSTRAK Rendahnya kualitas kesehatan masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan lingkungan dan pola hidup tidak sehat, dan pembiayaan untuk mendapat akses kesehatan yang baik. Upaya meningkatkan derajat kesehatan sejak era otonomi salah satunya sinergi antar wilayah, maka Pemerintah Provinsi Bali membentuk sebuah program jaminan kesehatan bagi masyarakat Bali pada khususnya. Jaminan kesehatan yang diselenggarakan disebut dengan Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) yang dilaksanakan melalui mekanisme jaminan kesehatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; 1) persepsi penerima JKBM terhadap pelayanan JKBM, 2) menganalisis pengaruh jarak tempat tinggal, pendidikan, jumlah anggota keluarga dan masa kerja terhadap pendapatan pengguna JKBM, 3) menganalisis pengaruh jarak tempat tinggal, pendidikan, jumlah anggota keluarga, masa kerja, dan pendapatan terhadap intensitas penggunaan JKBM dan 4) menganalisis peran pendapatan penerima JKBM dalam memediasi pengaruh variabel daerah tempat tinggal, pendidikan, jumlah anggota keluarga dan masa kerja terhadap intensitas penggunaan JKBM di Kabupaten Buleleng. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara langsung kepada pengguna JKBM dan data sekunder yang didapat dari rumah sakit/puskesmas di Kabupaten Buleleng. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner, dengan jumlah responden sebanyak 119 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari analisis persepsi penerima JKBM terhadap pelayanan kesehatan JKBM dalam kategori rendah, persepsi sangat puas terhadap intensitas penggunaan JKBM. Jarak tempat tinggal dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Pendidikan dan pendapatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan JKBM. Pendapatan memediasi secara penuh antara jarak tempat tinggal terhadap intensitas penggunaan JKBM, pendapatan juga memediasi pengaruh antara pendidikan dengan intensitas penggunaan JKBM. Program JKBM yang sudah terlaksana dengan baik perlu mengevaluasi kembali pengaturan JKBM serta mengoptimalkan pelayanan terutama untuk masyarakat dengan pendapatan rendah. Kata kunci : JKBM, pendidikan, pendapatan, jarak tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : JKBM, pendidikan, pendapatan, jarak tempat tinggal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item