UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Persepsi Investor dengan Profitabilitas dan Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Indeks Kompas 100

I Gede Made Wijayana, I Gede Made Wijayana (2016) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Persepsi Investor dengan Profitabilitas dan Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Indeks Kompas 100. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
a64ee371f60af71ab612c5e78b59d026.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Archive (BAB I)
a6fb87510805a3db6df81bdf5572b177.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Archive (BAB II)
2ef13729bdbe47a831b857a7ea5d85a5.pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

Persepsi investor merupakan penilaian atau pengamatan investor atas perusahaan. Perbedaan hasil penelitian sebelumnya yang berbeda tentang pengaruh CSR terhadap persepsi investor yang melatarbelakangi penelitian ini. Pengaruh pengungkapan CSR terhadap persepsi investor yang dikemukakan pada beberapa penelitian sebelumnya dapat dimoderasi oleh beberapa variabel, salah satunya profitabilitas dan kepemilikan manajemen. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap persepsi investor, dan untuk mengetahui apakah profitabilitas dan kepemilikan manajemen memperkuat atau memperlemah pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap persepsi investor. Penelitian ini dilakukan di seluruh perusahaan yang tergabung dalam Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia (BEI), karena perusahaan-perusahaan ini selain memiliki frekuensi transaksi, nilai transaksi, kapitalisasi pasar, fundamental dan performa kinerja emiten yang paling baik, juga merupakan perusahaan yang peduli dengan masyarakat dan paling rentan terhadap isu-isu lingkungan yang terjadi sehubungan dengan masyarakat sekitar. Jumlah sampel, dengan menggunakan metode purposive sampling ialah sebanyak 45 perusahaan dari 100 perusahaan selama periode 2011-2014. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan CSR, profitabilitas, dan kepemilikan manajemen secara signifikan berpengaruh positif terhadap persepsi investor. Profitabilitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap hubungan pengungkapan CSR terhadap persepsi investor. Ini berarti pengaruh pengungkapan CSR terhadap persepsi investor diperkuat dengan adanya profitabilitas. Kepemilikan manajemen secara signifikan tidak berpengaruh pada hubungan pengungkapan CSR terhadap persepsi investor. Ini berarti pengaruh pengungkapan CSR terhadap persepsi investor tidak diperkuat oleh adanya kepemilikan manajemen. Perusahaan Indeks Kompas 100 diharapkan meningkatkan profitabilitas karena mampu memoderasi pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap persepsi investor diluar kepemilikan manajemen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: persepsi investor, profitabilitas, kepemilikan manajemen dan corporate social responsibility
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item