UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Eksploitasi Seksual Sebagai Dampak Perkembangan Pariwisata di Bali

Izzah Amila Faisal, Izzah Amila Faizal (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Eksploitasi Seksual Sebagai Dampak Perkembangan Pariwisata di Bali. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
98aed1540a44286e54d12e3a33c541a4.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Archive (BAB I)
6b4b7d0086f36e1e8b6522352e9176b1.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Archive (BAB II)
c37d54d248bf884663d485cbc64c53b9.pdf - Published Version

Download (264kB)

Abstract

Pariwisata merupakan komoditi utama dalam hal mata pencaharian penduduk di Bali. Banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang datang ke Bali untuk menikmati alam dan budaya setempat. Sebagai pariwisata budaya, Bali memiliki ciri khas tersendiri dimata dunia internasional. Dalam perkembangan global sudah pasti banyak pendatang yang mengunjungi Bali dengan berbagai macam tujuan, baik untuk bekerja maupun liburan dan sudah tentu dengan keluar masuknya pendatang ada sisi positif dan negatif yang ditinggalkan. Seperti yang telah diketahui setiap pendatang maupun wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia memiliki karakter dan budaya yang berbeda. Budaya yang mereka bawa tersebut memasuki ruang lingkup tatanan budaya Bali dan tidak jarang diikuti masyarakat setempat. Kemiskinan di Indonesia merupakan masalah yang cukup luas yang berdampak pada perekonomian negara serta menimbulkan peningkatan dalam tindak kejahatan terutama pada anak. Eksploitasi seksual pada anak merupakan salah satu bentuk daripada kejahatan seksual anak dan merupakan pelanggaran yang mendasar terhadap hak-hak anak. Ekploitasi seksual terdiri dari berbagai macam bentuk yaitu: (1) pelacuran anak, (2) pornografi anak, (3) perdagangan untuk tujuan seksual dan (4) wisata sex anak. Eksploitasi seksual dapat dilakukan dengan cara kekerasan maupun dengan cara memberikan imbalan berupa uang. Eksploitasi seksual pada saat ini sudah masuk ke dalam beberapa aspek kehidupan, salah satunya yaitu dalam aspek pariwisata khususnya pariwisata Bali. Pergeseran nilai budaya pun dapat terjadi akibat dari munculnya pariwisata seksual anak. Beberapa faktor yang menjadi pendorong utama pariwisata seksual anak adalah faktor ekonomi dan gaya hidup. Untuk itu pemerintah bersama aparat penegak hukum memiliki peranan yang sangat penting dalam hal penegakkan perlindungan hukum terhadap hak anak, khususnya yang menjadi korban pariwisata seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Eksploitasi seksual anak, Pariwisata seksual, Pariwisata bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item