UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB ANALISIS KREDIT DALAM PEMBERIAN KREDIT PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PT. CLIPAN FINANCE INDONESIA,TBK. CABANG DENPASAR BALI

Minggu Wardana Sudanegara, MINGGU WARDANA SUDANEGARA (2016) TANGGUNG JAWAB ANALISIS KREDIT DALAM PEMBERIAN KREDIT PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA PT. CLIPAN FINANCE INDONESIA,TBK. CABANG DENPASAR BALI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c25a6b8aeada0b40afcba954aa959fe3.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Archive (BAB I)
e058fff8dbf758c3c0d9997a46c445aa.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Archive (BAB II)
65999833a37ad9fde6d5536c49cc5365.pdf - Published Version

Download (276kB)

Abstract

Lembaga pembiayaan adalah salah satu bentuk usaha di bidang lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai peranan penting dalam pembiayaan. Kegiatan lembaga pembiayaan ini dilakukan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito, tabungan, dan surat sanggup bayar. Salah satu lembaga pembiayaan di Denpasar adalah PT. Clipan Finance Tbk yang bergerak dalam pembiayaan kredit bagi masyarakat. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi prinsip prudential dalam pemberian kredit pembiayaan konsumen di PT. Clipan dan tindakan yang dilakukan oleh PT. Clipan apabila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran yang menyebabkan kredit bermasalah.Tujuannya untuk mengetahui tanggung jawab analisis kredit dalam pemberian kredit konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara empiris dengan mencari informasi di PT. Clipan melalui wawancara yang di tambah dengan literature yang terkait, yang kemudian akan diolah secara deskriptif kualitatif.Menggunakan sumber data primer (interview) dan sumber data sekunder (literature-literature). Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pinsip prudential dalam pemberian kredit pembiayaan konsumen di PT. Clipan adalah dengan menerapkan the fives of credit atau 5 C yaitu character, capacity, capital, collateral, dan condition of economy, dimana dalam mengaplikasikan prinsip tersebut diterapkan oleh kredit analis dalam menganalisis permohonan kredit yang masuk yaitu dengan menggunakan dua metode dengan menggabungkannya yaitu, metode pertimbangan dan metode empiris. Penggabungan ini dilakukan dengan mempertimbangkan watak calon konsumen, rencana penggunaan kredit, sumber utama dana pembayaran kembali kredit dan jaminan yang disediakan oleh calon konsumen, metode ini sepenuhnya menekankan keahlian analis kredit dalam menganalisis. Setelah mendapat pertimbangan analis kredit menyusun standar jumlah nilai evalusai sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan di atas untuk meluluskan atau menolak permintaan kredit. Tindakan-tindakan yang dilakukan PT. Clipan apabila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran sehingga menyebabkan kredit bermasalah/macet adalah PT. Clipan akan memberikan surat peringatan dari I sampai III dengan tahapan tetentu, setelah tahapan tersebut tidak berhasil PT. Clipan melakukan negoisasi dengan konsumen dan mencari jalan keluar yang terbaik. Dalam hal ini PT. Clipan tidak pernah membawa kasus kredit macet sampai ke meja pengadilan karena akan menghabiskan biaya yang besar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan, kredit, konsumen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item