UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL BAGI PEKERJA DI KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG GIANYAR SETELAH TRANSFORMASI KELEMBAGAAN PT JAMSOSTEK (PERSERO)

I Gusti Ngurah Bagus Tirta Adnyana, I GUSTI NGURAH BAGUS TIRTA ADNYANA (2016) PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL BAGI PEKERJA DI KANTOR BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG GIANYAR SETELAH TRANSFORMASI KELEMBAGAAN PT JAMSOSTEK (PERSERO). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
5de3caab0ea883d71b1278b5c78277a4.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Archive (BAB I)
64bf5e4a72b73371237d25db7681ee1c.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Archive (BAB II)
781952ceeb2622845b430dce59360725.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

Kata transformasi menjadi sebuah kosa kata penting di Indonesia, dimana kata transformasi itu mengarah pada suatu perubahan. Tepatnya sejak diundangkannya Sistem Jaminan Sosial Nasional ( selanjutnya disebut dengan UU SJSN ) pada tanggal 19 Oktober 2014. Dimana transformasi akan menghadirkan suatu identitas baru dalam penyelenggaraan program jaminan sosial di Indonesia. Dengan hadirnya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (selanjutnya disebut BPJS), telah membentuk dua Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yaitu : BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Yang dimana BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian bagi seluruh pekerja yang ada di Negara Indonesia, termasuk orang asing yang bekerja di Negara Indonesia paling singkat 6 ( enam ) bulan di Negara Indonesia. Sedangkan BPJS Kesehatan merupakan suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk di Negara Indonesia, termasuk orang asing yang bekerja di Negara Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan di Negara Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian yuridis-empiris. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan suatu kebenaran adalah dengan melakukan penelitian yang bersifat yuridis-empiris. Yuridis-empiris adalah suatu penelitian yang beranjak dari kesenjangan-kesenjangan das solen (teori) dengan das sein (Praktek atau kenyataan). Adanya transformasi kelembagaan dari PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan yaitu dengan pelaksanaan proses pemberian jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, terlaksana dengan baik apabila para pekerja yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan berdampak positif karena para pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan telah mendapatkan keempat program jaminan sosial yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Serta adapun yang yang menjadi faktor penghambat yaitu kendala sosialisasi, kendala sarana dan prasarana, pada kendala responsibilitas oleh masyarakat yang ada di daerah terpencil yang masih kurang dan belum sepenuhnya mengetahui mengenai program BPJS Ketenagakerjaan, kendala masih sedikitnya instansi kelembagaan BPJS Ketenegakerjaan, serta pada kendala pemahaman mengenai transformasi lembaga BPJS Ketenagakerjaan dari PT Jamsostek (Persero)oleh masyarakat di suatu daerah terpencil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jaminan Sosial, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Pekerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item