UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENANAM MODAL ASING DALAM SENGKETA HUKUM PENANAMAN MODAL DI INDONESIA

Ade Hendra Yasa, ADE HENDRA YASA (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENANAM MODAL ASING DALAM SENGKETA HUKUM PENANAMAN MODAL DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9016e44eee657b22a0841a1655c2ad24.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Archive (BAB I)
4bd67d90ebf9c51ea1973f1d6e2d823f.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Archive (BAB II)
70857ac2c3b2731c9ae17ccd67284976.pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki perairan kepulauan (archipelagic waters) yang berada di antara dan sekitar pulau-pulaunya yang luas kurang lebih sekitar 193.250 km dan terletak pada posisi silang antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, dan antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik. Letak geografis yang strategis tersebut telah membawa keuntungan bagi Indonesia, paling tidak beberapa keuntungan tersebut adalah Pertama Indonesia menjadi persimpangan lalulintas perdagangan dunia. Kedua Letak Indonesia juga membawa pengaruh pada Iklim, yaitu iklim tropika dengan adanya curah hujan yang cukup setiap tahunnya menyebabkan beragamnya vegetasi yang dapat tumbuh dan berkembang. Ketiga letak strategis Indonesia dengan banyaknya gunung-gungung berapi maka juga berdampak pada keanekaragaman flora dan fauna, keragaman jenis tanah dan keragaman sumber daya mineral. Tentu kondisi ini sangat berpengaruh positif bagi negara dalam rangka meningkatkan produktivitas ekonomi, dan menambah sumber-sumber pembiayaan bagi pembangunan nasional. Tujuannya untuk mengetahui perlindungan hukum bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia dan bagaimana penyelesaian sengketa investor asing melanggar kewajiban demi mewujudkan bangsa yang maju, mandiri dan adil sebagai landasan bagi tahap pembangunan berikutnya menuju masyarakat adil dan makmur dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam rangka memperoleh dan mengumpulkan serta menganalisa setiap data atau informasi yang bersifat ilmiah, tentunya dibutuhkan metode dengan tujuan agar suatu karya tulis ilmiah mempunyai susunan yang sistematis, terarah,dan konsisten yang bertujuan untuk mempelajari satu atau beberapa gejala hukum tersebut, kemudian mengusahakan suatu pemecahan terhadap permasalahanyang timbul dalam gejala yang bersangkutan. Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat diperoleh kesimpulan dari perlidungan hukum yang diberikan oleh pemerintah terhadap investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia diatur dalam ketentuan Pasal 6, 7, dan 14 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007. Penyelesaian sengketa yang ditempuh apabila pihak investor asing melanggar kewajiban menurut Undang-Undang penanaman modal adalah terlebih dahulu secara musyawarah mufakat, arbitrase, dan ADR (Alternative Despute Resolution). Apabila dari alternatif penyelesaian sengketa tersebut tidak tercapainya suatu keputusan maka penyelesaiannya dapat dilakukan secara litigasi melalui jalur hukum di pengadilan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Investor Asing, Penanaman Modal Asing (PMA), Sengketa Penanaman Modal Asing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item