UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB PT. PARADISE BALI TOUR AND TRAVEL ATAS KERUGIAN YANG DIALAMI KONSUMEN AKIBAT TIDAK TERPENUHINYA KLAUSULA-KLAUSULA DALAM PENAWARAN

A. A. Ngr. Dinda Putra Narendra, A.A. NGR. DINDA PUTRA NARENDRA (2016) TANGGUNG JAWAB PT. PARADISE BALI TOUR AND TRAVEL ATAS KERUGIAN YANG DIALAMI KONSUMEN AKIBAT TIDAK TERPENUHINYA KLAUSULA-KLAUSULA DALAM PENAWARAN. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9da6f18c0bea3f2ea25b5d28f4e87685.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Archive (BAB I)
fe35f9db327a29b3e81289aa6f3a4164.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Archive (BAB II)
e39d2ded511e49ada6d157519361bcac.pdf - Published Version

Download (83kB)

Abstract

Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat maka bisnis biro perjalanan semakin marak di berbagai kota besar. Kemudahan pelayanan dan harga yang kompetitif dengan fasilitas yang maksimal merupakan promosi yang banyak disampaikan oleh biro-biro travel. Semakin gencarnya pelaku usaha biro travel melakukan promosi, tidak jarang informasi yang diberikan terlalu berlebihan sehingga membuat pengguna jasa sangat tertarik. Pada kenyataannya akan banyak pengguna jasa yang dirugikan. Pelaku usaha biro travel seharusnya tidak cukup menginformasikan berupa paket-paket wisata saja kepada pengguna jasa. Akan tetapi yang harus diinformasikan juga adalah mekanisme penyelesaian pengaduan pengguna jasa sehingga pengguna jasa bisa mengetahui hak-haknya apabila dirugikan oleh biro jasa travel tersebut. Jadi disinilah diperlukan adanya rasa tanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan yang dilakukan berkaitan dengan hukum yang berlaku demi tercapainya keadilan bagi kedua belah pihak. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan dengan melihat kesenjangan teori dan praktek yang sesuai dengan hasil di lapangan karena data-data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data hukum yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan, dan data hukum sekunder berupa dokumen-dokumen seperti peraturan perundang-undangan dan literatur hukum. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa PT. Paradise Bali Tour and Travel bertanggung jawab secara kontraktual terhadap konsumen yang mengalami kerugian, yang mana mengacu kepada prinsip tanggung jawab profesional atau dikenal dengan proffesional liability. Hal tersebut disebabkan karena sebelumnya telah terjadi hubungan hukum kontraktual antara pihak travel dengan wisatawan pengguna jasa. Jadi, pihak travel bertanggung jawab sebatas profesinya saja atau perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dengan wisatawan pengguna jasa atau akibat kelalaian penyedia jasa profesi mengakibatkan terjadinya perbuatan melawan hukum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab, Biro Perjalanan Wisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item