UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Utang Terhadap Kos Keagenan.

I Kadek Hery Septiawan, I KADEK HERY SEPTIAWAN (2016) Pengaruh Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Utang Terhadap Kos Keagenan. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
bb8635bdf060c9b18f28d5112fd6a1f0.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Archive (BAB I)
f787137d52ede19e003468c0a67ca66f.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Archive (BAB II)
a18fdc528022ecfbefd68bd2e3f8432e.pdf - Published Version

Download (142kB)

Abstract

Manajer mempunyai kewajiban untuk memaksimumkan kesejahteraan para pemegang saham, namun disisi lain manajer juga mempunyai kepentingan untuk memaksimumkan kesejahteraan mereka. Perbedaan tujuan tersebut menimbulkan konflik keagenan dan juga akan menimbulkan kos yang disebut dengan kos keagenan. Hubungan keagenan ada ketika salah satu pihak (prinsipal) menyewa pihak lain (agen) untuk melaksanakan suatu jasa. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kos keagenan adalah dengan meningkatkan kepemilikan asing dan meningkatkan kebijakan utang perusahaan. Perusahaan dengan ukuran yang besar cenderung terjadi moral hazard yang dapat mengakibatkan meningkatnya kos kegaenan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kepemilikan asing, ukuran perusahaan, dan kebijakan utang terhadap kos keagenan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam tahun pengamatan 2012-2014. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 74 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan 222 pengamatan. Kos keagenan diproksikan dengan asset turnover. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang sebelumnya telah lulus uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda diperoleh bahwa seluruh hipotesis diterima yaitu kepemilikan asing berpengaruh negatif terhadap kos keagenan, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kos keagenan, serta kebijakan utang berpengaruh negatif terhadap kos keagenan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan asing, ukuran perusahaan, kebijakan utang, kos keagenan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item