UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Tanggung Jawab Media Penyiar Iklan Terhadap Konsumen Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

I Wayan Ariadi, I Wayan Ariadi (2016) Tanggung Jawab Media Penyiar Iklan Terhadap Konsumen Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
b54dbcdf8e110aff9445be2fdd81bb83.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Archive (BAB I)
c40ff240257b8b4f0efc40a904cb3b16.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Archive (BAB II)
54c22907b8b782db4d352bc54027635a.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

Untuk menjamin adanya kepastian hukum, hubungan kemitraan antara produsen dan konsumen dengan menumbuh kembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggung jawab dan sikap melindungi diri bagi konsumen. Perlindungan konsumen dapat dilihat dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengenai asas manfaat, keadilan, keseimbangan, keamanan dan keselamatan konsumen serta kepastian hukum. Apabila konsumen merasa dirugikan terhadap penyiaran iklan maka pihak pengiklan juga bertanggungjawab karena informasi yang disajikan melalui iklan tidak dengan kenyataan serta bertentangan dengan asas-asas etik periklanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan historis, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Selanjutnya sumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dianalisi melalui langkah deskripsi, interprestasi, sistematisasi, evaluasi dan argumentasi. Dengan 2 (dua) permasalahan yaitu bagaimanakah tanggung jawab media penyiaran iklan terhadap produk yang diiklankan tersebut merugikan konsumen dan upaya hukum apa yang dapat ditempuh oleh konsumen yang dirugikan oleh pihak produsen dan biro iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila pihak konsumen yang dirugikan atas penyiaran dapat melakukan gugatan atau penuntutan ganti kerugian dan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak konsumen yang dirugikan akibat dari pemasaran suatu produk melalui biro iklan adalah; upaya hukum small claim (gugatan kecil), atau melalui upaya hukum legal standing untuk lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat (LPKSM) maupun melalui upaya hukum class action (gugatan kelompok).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tanggungjawab, penyiaran, iklan, perlindungan konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item