UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pemahaman Peranti Kohesi Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Gede Adistana Wira Saputra, Gede Adistana Wira Saputra, S.Pd. (2016) Pemahaman Peranti Kohesi Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1afe6da9cb20e6c9ad9d1aa47933667e.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Archive (BAB I)
9405a904871db8b1d38c81e74cfc4c62.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Archive (BAB II)
33ea7c6ea722c8af344c2dce3653d39c.pdf - Published Version

Download (325kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kombinasi (mixed methods), yakni metode penelitian kuantitatif dan metode kualitatif dengan model penelitian concurrent triangulation. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) menjelaskan pemahaman peranti kohesi bahasa Indonesia sebelum penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) menjelaskan pemahaman peranti kohesi bahasa Indonesia setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dan (3) menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI 2 Gianyar tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan tes, dan dokumentasi. Sebaliknya, data kualitatif dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai hasil kegiatan penelitian pratindakan nilai rerata siswa berada pada nilai 59 dengan predikat tidak tercapai dan ditemukan bahwa motivasi siswa selama pembelajaran kurang baik disebabkan tidak terciptanya proses pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa dan masih diterapkan metode konvensional dalam mengemas pembelajaran, yaitu guru aktif dan siswa pasif, (2) setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai hasil kegiatan penelitian siklus I nilai rerata siswa berada pada nilai 85 dengan predikat terlampaui dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, motivasi belajar siswa meningkat, komunikasi siswa dengan guru mengalami peningkatan karena siswa menjadi lebih aktif dan kritis dalam menanggapi serta memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran seperti berikut. Banyak istilah sulit yang tidak dimengerti, kurangnya refleksi pada akhir tindakan pembelajaran, merangkai kata-kata dalam kalimat, penjelasan guru yang terlalu cepat, kurang percaya diri, kekurangan buku penunjang, kurang memahami tujuan pembelajaran bahasa Indonesia, kurangnya pemahaman istilah, membutuhkan waktu lama dalam memproduksi teks, dan kurang memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, peranti kohesi bahasa Indonesia, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11607

Actions (login required)

View Item View Item