UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Pengungkapan Intellectual Capital

Anak Agung Dwipayani, Anak Agung Dwipayani (2016) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Pengungkapan Intellectual Capital. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
4c4616d86418e4df9ba69bd35ccd90a9.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Archive (BAB I)
727831e092e955eee619648f8fce941d.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Archive (BAB II)
62630f461bcb6595bb68fffea8d6f96c.pdf - Published Version

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris faktor-faktor yang berpengaruh pada pengungkapan intellectual capital. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio profitabilitas, rasio leverage, proporsi komisaris independen, konsentrasi kepemilikan saham, dan kualitas audit eksternal. Pengungkapan intellectual capital merupakan pengungkapan unsur neraca berdasar pada item berbasis ilmu pengetahuan yang dimiliki perusahaan dan menghasilkan manfaat pada masa depan perusahaan. Pelaporan intellectual capital saat ini menjadi fokus mayoritas dari seluruh stakeholder, karena itulah modal intelektual menjadi sebuah keunggulan jika perusahaan mampu mengungkapkan informasi tersebut di dalam laporan tahunannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 yang termasuk kategori indeks LQ 45. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 225 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio leverage dan kualitas audit eksternal berpengaruh pada pengungkapan intellectual capital. Sedangkan untuk rasio profitabilitas, proporsi komisaris independen dan konsentrasi kepemilikan saham tidak berpengaruh pada pengungkapan intellectual capital. Temuan ini menunjukkan bahwa manajer termotivasi untuk menginformasikan pengungkapan intellectual capital lebih rinci ketika mereka memiliki tingkat utang yang tinggi. Kualitas audit eksternal (big four) memainkan peran yang penting untuk menentukan pengungkapan intellectual capital dalam laporan tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Proporsi Komisaris Independen, Konsentrasi Kepemilikan Saham, Kualitas Audit Eksternal, Pengungkapan Intellectual Capital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item