UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BILLABONG INDONESIA.

I Nyoman Gede Astina, I NYOMAN GEDE ASTINA (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BILLABONG INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
301fae47449fc0e9f484abec8f70aabd.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Archive (BAB I)
22b794fa3f88a5a0b28f3ef1872c2b62.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Archive (BAB II)
975387f352e75518cd22eb4465a28bc6.pdf - Published Version

Download (49kB)

Abstract

Mengelola sumber daya manusia dalam organisasi bukan hal yang mudah karena melibatkan karyawan, pimpinan, maupun sistem itu sendiri. Untuk itu organisasi harus memperhatikan hubungan yang baik antara karyawan dengan atasan dan sesama karyawan agar terciptanya kepuasan kerja yang tinggi. Peningkatan kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Billabong Indonesia. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 67 orang dengan teknik sampling jenuh atau sensus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan Uji t. Berdasarkan hasil dari analisis regresi linear berganda pada penelitian ini (hasil uji t) dinyatakan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu dari aspek gaya kepemimpinan sebaiknya pemimpin memberikan motivasi kepada bawahannya sehingga dapat bekerja dengan baik, dari aspek iklim organisasi sebaiknya seluruh karyawan saling berbagi informasi dengan rekan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan agar karyawan dapat mengetahui tanggung jawab dan tugas mereka sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item