UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Kajian Empiris Penentu Niat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Di Denpasar

Ni Wayan Ayuk Sugiantari, Ni Wayan Ayuk Sugiantari (2016) Kajian Empiris Penentu Niat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Di Denpasar. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
54087c3c7d4a3546eb7946bd232c9208.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Archive (BAB I)
c0b86c2ebb7ea0a8e9ea1bd01770d74b.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Archive (BAB II)
d2a15b74941b1396b268278e2bf2032f.pdf - Published Version

Download (247kB)

Abstract

Permasalahan yang selama ini menjadi sorotan publik di negeri ini adalah bertambahnya jumlah penganguran dari kalangan terdidik. Angka lulusan perguruan tinggi menunjukkan jumlah setiap tahun bertambah, sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sempit. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah pengangguran adalah dengan membangun usaha sendiri atau berwirausaha. Permasalahan yang ada terletak pada minat untuk berwirausaha yang masih sangat rendah, termasuk pada lulusan perguruan tinggi. Umumnya para lulusan lebih dipersiapkan menjadi pencari kerja daripada menjadi pencipta lapangan kerja. Perbedaan gender merupakan faktor yang tidak diragukan lagi dalam karir kewirausahaan yang dapat memicu seseorang dalam niat berwirausaha. Tujuan dari penenlitian ini untuk menganalisis pengaruh need for achievement, dukungan keluarga dan efikasi diri pada niat berwirausaha mahaiswa D III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 mahasiswa D III yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan, dengan menggunakan metode non probability sampling yang berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan Analisys of Variance (ANOVA). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel need for achievement, dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan pada niat berwirausaha mahasiswa, sedangkan pada variabel efikasi diri ditemukan bahwa efikasi diri berpengaruh positif tidak signifikan terhadap niat berwirausaha dan pada uji one way anova didapatkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna rata-rata niat berwirausaha berdasarkan kedua kelompok gender tersebut. Berdasarkan hasil penelitian maka penting bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan untuk lebih meningkatkan dan membentuk jiwa wirausaha pada mahasiswa. Sehingga nantinya setiap lulusan akan semakin percaya diri dalam memilih karir sebagai wirausaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: need for achievement, dukungan keluarga, efikasi diri, gender dan niat berwirausaha.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item