UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGUKURAN KECEPATAN KENDARAAN SECARA REALTIME BERBASIS ANDROID..

Rendi Gustina, Rendi Gustina (2016) PENGUKURAN KECEPATAN KENDARAAN SECARA REALTIME BERBASIS ANDROID.. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
aa37f483dc1feabde8b86f214e73add9.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Archive (BAB I)
6e3bf7cacc9e1b88d194e335120a7300.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Archive (BAB II)
5b380cfda266b795778c2ba339b2d6ab.pdf - Published Version

Download (195kB)

Abstract

Sistem transportasi cerdas dalam sistem operasi android mampu membawa perubahan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Teknologi ini diciptakan guna untuk mempercepat dan mempermudah kinerja manusia. Data dan informasi dapat disajikan langsung tanpa menunggu waktu yang lama dan hanya dalam bentuk teks,. Dalam pemanfaatanya penggunaaan sistem transportasi cerdas dalam sistem operasi android untuk kehidupan sehari-hari banyak digunakan dalam berbagai aspek seperti, untuk pribadi, masyarakat dan dalam dunia pendidikan. Android dimanfaatkan secara luas untuk berbagai aplikasi dan penggunaannya yang tidak terbatas untuk keperluan komunikasi saja. Salah satunya aplikasi pengukuran kecepatan kendaraan dalam sistem operasi android dapat dimanfaatkan untuk pengukuran kecepatan kendaraan secara realtime. Tujuan dan manfaat dalam tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan program aplikasi pengukuran kecepatan kendaraan secara realtime berbasis android menggunakan metode Frame Difference dan Bounding Box memakai jarak referensi, dengan kecepatan kendaraan 10 km/jam, 20 km/jam, dan 30 km/jam serta jarak 6 meter. Setelah mendapatkan hasil rata-rata kecepatan kendaraan, akan dihitung penyimpangan pengukuran kecepatan kendaraan dari hasil sesungguhnya dan dibandingkan rata-ratanya. Pada hasil pengukuran kecepatan kendaraan berdasarkan jarak referensi didapatkan perbandingan hasil rata-rata kecepatan kendaraan dari pengukuran kecepatan kendaraan yang bervariasi, namun cukup mewakili estimasi kecepatan kendaraan sesungguhnya. Untuk hasil pengukuran kecepatan kendaraan memakai aplikasi pengukuran kecepatan kendaraan secara realtime berbasis android diperoleh rata-rata 20,572 km/jam dengan penyimpangan maksimal 0,572 km/jam dan rata-rata 29,688 km/jam dengan penyimpangan minimal 0,312 km/jam. Untuk hasil pengukuran kecepatan kendaraan memakai analisis pengukuran laju kendaraan pada rekaman video digital diperoleh rata-rata 31,454 km/jam dengan penyimpangan maksimal 1,454 km/jam dan rata-rata 10,112 km/jam dengan penyimpangan minimal 0,112 km/jam. Hasil penelitian ini dipengaruhi oleh deteksi pergerakan objek bergerak terganggu karena perubahan intensitas cahaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Android, kecepatan kendaraan, sistem transportasi cerdas, Frame Difference, Bounding Box
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11625

Actions (login required)

View Item View Item