UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

JAMINAN SOSIAL TERHADAP PEKERJA KONTRAK PADA HOTEL BALI MANDIRA BEACH RESORT & SPA

I Gde Made Widia Sastra Nayaka, I GDE MADE WIDIA SASTRA NAYAKA (2016) JAMINAN SOSIAL TERHADAP PEKERJA KONTRAK PADA HOTEL BALI MANDIRA BEACH RESORT & SPA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6dddb3d276b6bbe30493ee8b4a12466b.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Archive (BAB I)
b4f645eae1c5c5d6ce118239fddaa17d.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Archive (BAB II)
ef61e70bf01d73422b0bdef6a5dc1784.pdf - Published Version

Download (76kB)

Abstract

Hotel Bali Mandira Beach Resort & SPA merupakan hotel yang telah melaksanakan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pada pasal 99 yaitu setiap pekerja/buruh dan keluarganya berhak untuk memperoleh jaminan sosial tenaga kerja. Jaminan sosial bertujuan memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Permasalahan yang diteliti ialah apa saja Program dan juga manfaat jaminan sosial yang diterima oleh pekerja di Hotel Bali Mandira Beach Resort & SPA telah diterapkan sepenuhnya. Penelitian ini penting dilakukan dikarenakan jaminan sosial adalah merupakan hak pekerja yang telah dilindungi oleh Peraturan Perundang-Undangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum yuridis empiris. Adapun sumber data dalam penelitian yaitu data primer berasal dari yang diperoleh secara langsung dari penelitian lapangan yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak terkait dalam penelitian ini sedangkan data sekunder berasal dari penelitian pustaka melalui peraturan perundang-undangan, literatur, buku-buku dan dokumen-dokumen resmi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Program jaminan sosial pada Hotel Bali Mandira Beach Resort & SPA adalah jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. manfaat berupa terjaminnya kesehatan, mendapatkan jaminan berupa uang untuk memenuhi kebutuhannya apabila mengalami kecelakaan kerja, mendapatkan kepastian penghasilan pada saat pekerja mencapai hari tua, mendapatkan kepastian memenuhi kebutuhan dasar pada masa pensiunnya, dan juga anaknya sebagai ahli warisnya mendapat keringanan biaya pemakaman dan santunan berupa uang pada saat pekerja meninggal dunia. Saran yang didapat berdasarkan penelitian ini adalah dalam pendaftaran program jaminan sosial tenaga kerja agar syarat-syarat pendaftarannya dipermudah dan untuk program coordination on benefit diharapkan tidak hanya keluarga pekerja laki-laki saja tetapi juga keluarga pekerja wanita.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Jaminan Sosial, Pekerja, Kontrak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item