UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengelolaan Retribusi Parkir untuk Pemberdayaan Masyarakat (Studi di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung)

Juwita Vamellia Nofitasari S, Juwita Vamellia Nopitasari S (2016) Pengelolaan Retribusi Parkir untuk Pemberdayaan Masyarakat (Studi di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
93c94cadeb101cb50ad5d4aec6adfa5e.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Archive (BAB I)
d0d0732b0ac051e9566cc6352bee82d5.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Archive (BAB II)
a120f45bd14e357844f78f4067afa597.pdf - Published Version

Download (411kB)

Abstract

Parkir merupakan permasalahan yang banyak terjadi disetiap daerah, akan tetapi parkir sebagai salah satu potensi pendapatan daerah seringkali tidak dikelola dengan baik. Kabupaten Badung sebagai salah satu daerah pariwisata yang sangat potensial di Bali khususnya Kelurahan Kuta juga mengalami kesulitan dalam pengelolaan parkir dimana padatnya kendaraan di Kelurahan Kuta tidak diimbangin dengan lahan yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, penulis melakukan observasi lapangan serta melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang berhubungan dengan pengelolaan retribusi parkir dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kuta. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu: pertama, LPM Kelurahan Kuta selaku pengelola parkir mendapatkan keuntungan dimana melalui hasil retribusi parkir yang didapat, pihak LPM dapat memberdayarakat masyarakatnya dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika selaku koordinator, penyedia sarana prasarana serta pengawas pengelolaan. Kedua, terdapat kendala dalam pengelolaan parkir seperti kecurangan yang dilakukan oleh pihak juru parkir. Pihak juru parkir mengambil keuntungan denganm menaikan tarif parkir serta tidak memberikan tiket parkir. Ketiga, dari hasil retribusi parkir yang didapat pihak LPM sudah memberdayakan masyarakatnya dengan baik namun masih ada kekurangan yang dilakukan dimana pihak LPM belum optimal dalam memberdayakan kaum disabilitas. Diharapkan dengan adanya penelitian ini kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Badung beserta LPM Kelurahan Kuta lebih mengawasi pengelolaan parkir yang terjadi dilapangan serta untuk pihak LPM agar lebih memberikan perhatian khusus terhadap kaum disabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perberdayaan Masyarakat, Kerjasama, Retribusi Parkir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item