UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Peningkatan Kemampuan Pelafalan Bahasa Jepang (Hatsuon) pada Peserta Didik Kelas XI AP SMK PGRI 1 Badung Melalui Metode Bermain Peran Tahun Pelajaran 2014/2015

I Gusti Ayu Niken Launingtia, I Gusti Ayu Niken Launingtia, S.S. (2016) Peningkatan Kemampuan Pelafalan Bahasa Jepang (Hatsuon) pada Peserta Didik Kelas XI AP SMK PGRI 1 Badung Melalui Metode Bermain Peran Tahun Pelajaran 2014/2015. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
47c1aa041629ae1f014c33ef01788252.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Archive (BAB I)
5e09a6e92f638b5335b46865b91528a8.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Archive (BAB II)
be69171b42267e7e20fdccab4e5f0c52.pdf - Published Version

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pelafalan bahasa Jepang. Penelitian ini mengutamakan peningkatan kemampuan pelafalan bahasa Jepang, di antaranya intonasi dan irama. Dalam peningkatan keterampilan pelafalan, diperlukan metode pendukung salah satunya adalah metode bermain peran. Metode pembelajaran itu diujicobakan pada kelas XI AP 4 SMK PGRI 1 Badung dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode wawancara. Dalam analisis data dilakukan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pelafalan bahasa Jepang para peserta didik kelas XI AP 4 pertama kali dilakukan pra-test menunjukkan hasil kurang baik. Pra-test dilakukan untuk mengetahui gambaran awal tentang pelafalan bahasa Jepang. Ternyata, nilainya kurang dari KKM sekolah (75), pada pra-test peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 32,25%, pada siklus I nilainya meningkat menjadi nilai rata-rata 48,35% dan pada siklus II peserta didik mendapatkan nilai di atas rata-rata KKM, yaitu 73,95%. Dalam hal ini, peserta didik juga mengalami peningkatan pelafalan bahasa Jepang. Pada awalnya pelafalan kata [tsɰkɰe] ‘meja’ dilafalkan [su]. Kemudian setelah diberikan treatment, terjadi perbaikan dengan mendekati [tsɰ]. Demikian juga, pelafalan kata [Фɰtsɰka] ‘tanggal 20’, pelafalan [fu] dilafalkan [pu]. Namun, setelah mendapatkan treatment, peserta didik dapat melafalkan kata [Фɰ] dengan baik. Dengan demikian, metode role play sangat membantu untuk meningkatkan pelafalan dan memahami dialog bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelafalan, bahasa Jepang, metode bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item