UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN TERHADAP KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN SEKTOR KUTA KABUPATEN BADUNG)

I Gusti Ngurah Bagus Laksmana Ananda, I GUSTI NGURAH BAGUS LAKSMANA ANANDA (2016) PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN TERHADAP KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN SEKTOR KUTA KABUPATEN BADUNG). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
eb9ddb49eba7a2b6be56a2b550460092.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB I)
aa7b4fb3d55b65de0db0c93a502a8be3.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Archive (BAB II)
9af0d322bf6f7aacb1c32d7ee2d0ccb2.pdf - Published Version

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Penanggulangan Pencurian Kendaraan Bermotor (Studi Kasus di Kepolisian Sektor Kuta Kabupaten Badung) ini mencakup dua permasalahan yakni apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Polsek Kuta Kabupaten Badung dan bagaimanakah upaya penanggulangan bagi pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Polsek Kuta Kabupaten Badung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan pencurian sepeda motor di jalan raya dan mengetahui upaya pihak Kepolisian Sektor Kuta Kabupaten Badung dalam penanggulangan kejahatan pencurian sepeda motor di jalan raya. Pihak Kepolisian Sektor Kuta Kabupaten Badung dalam menanggulangi pencurian sepeda motor di jalan dan solusi yang diberikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris yang bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis peraturan perundang-undangan, pendekatan konsep dan pendekatan kasus yang bersifat kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian di Kepolisian Sektor Kuta Kabupaten Badung yang beralamat di jalan Raya Tuban, Kuta, Kabupaten Badung. Sumber data dalam penelitian ini dipeoleh dari data primer sebagai data utama yaitu hasil wawancara baik dengan responden maupun informan dan data sekunder sebagai data pelengkap yaitu kepustakaan, peraturan perundang-undangan, majalah dan website. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan studi pustaka dalam hal ini bahan pustaka yang digunakan adalah buku-buku dan peraturan perundang-undangan. Teknik analisis data penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pencurian sepeda motor di Kuta sering terjadi yaitu dipicu oleh faktor ekonomi, faktor kurangnya lapangan pekerjaan, kenakalan remaja,dan faktor lingkungan .Upaya-upaya yang dilakukan pihak kepolisian dalam menanggulangi kejahatan pencurian sepeda motor di jalan adalah upaya preventif (pencegahan) dan represif (penindakan) serta kendala-kendala yang dihadapi pihak kepolisian dalam menanggulangi kejahatan pencurian sepeda motor di jalan yaitu kurangnya informasi yang diperoleh dari pihak pelapor, lokasi kejadian yang berbeda-beda dan kondisi psikologis korban yang menyulitnya untuk menggali informasi lebih dalam dan solusi yang diberikan oleh pihak Kepolisian Sektor Kuta Kabupaten Badung yaitu bagi masyarakat pengguna jalan khususnya sepeda motor agar tidak melakukan perjalanan pada malam hari didaerah rawan, apabila diharuskan untuk pulang pada larut malam upayakan jangan berkendara sendirian, ketika melihat atau merasakan keadaan yang kurang nyaman, misalnya ketika didekati oleh pengguna motor lain, seharusnya pengendara motor itu membunyikan klakson secara terus-terusan untuk menarik perhatian warga. Kata kunci : Penanggulangan, Pencurian, Kendaraan Bermotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanggulangan, Pencurian, Kendaraan Bermotor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

View Item View Item