UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Pengaruh Partisipasi Penganggaran Terhadap Budgetary Slack dengan Etika, Budaya Organisasi, Opportunistic Behaviour dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Pemoderasi

Ni Putu Yuniasih, Ni Putu Yuni Asih (2016) Analisis Pengaruh Partisipasi Penganggaran Terhadap Budgetary Slack dengan Etika, Budaya Organisasi, Opportunistic Behaviour dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Pemoderasi. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
ceeb2d99c6f94874eefb42589fdb832f.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Archive (BAB I)
6ed95413c025c5d6b4ffe16e04f4e321.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Archive (BAB II)
0f319223d256b16e1cdd01c8e5438889.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

Anggaran adalah instrumen akuntabilitas dalam pengelolaan dana publik dan pelaksanaan program yang dibiayai dengan uang publik. Sejak diberlakukanya Otonomi Daerah, manajemen keuangan daerah Kabupaten Jembrana mengalami perubahan dalam tata kelola keuangan menjadi sistem anggaran berbasis kinerja. Partisipasi penganggaran diduga berpengaruh pada penciptaan budgetary slack di organisasi sektor publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh partisipasi penganggaran terhadap budgetary slack dengan etika, budaya organisasi, opportunistic behaviour dan ketidakpastian lingkungan sebagai pemoderasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel penelitian ini adalah 106 pejabat eselon II, III,IV SKPD Kabupaten Jembrana yang dipilih berdasar metode purposive sampling. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi moderasi (MRA). Variabel Etika tidak memoderasi pengaruh partisipasi penganggaran pada Budgetary Slack, variabel Budaya Organisasi tidak memoderasi pengaruh partisipasi penganggaran pada Budgetary Slack, variabel Opportunistik Behaviour tidak memoderasi pengaruh partisipasi penganggaran pada Budgetary Slack. variabel Ketidakpastian Lingkungan berpengaruh positif dan memperkuat pengaruh partisipasi penganggaran pada Budgetary Slack. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar SKPD membangun sistem yang terintegrasi dalam penganggaran daerah agar tercipta efektivitas anggaran organisasi. Perlu adanya koordinasi dari atasan sampai bawahan agar pelayanan publik tercipta secara efektif dan efisien. Peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan variabel penelitian untuk lebih menyempurnakan penelitian dalam penganggaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penganggaran, etika, budaya organisasi, opportunistic behaviour, ketidakpastian lingkungan. budgetary slack.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item