UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

HUBUNGAN POLA ASUH AUTORITATIF DAN EFIKASI DIRI DENGAN MASALAH EMOSI DAN PERILAKU PADA SISWA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN KLUNGKUNG

I Gusti Ayu Agung Mirah, dr.I Gusti Ayu Agung Mirah (2016) HUBUNGAN POLA ASUH AUTORITATIF DAN EFIKASI DIRI DENGAN MASALAH EMOSI DAN PERILAKU PADA SISWA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN KLUNGKUNG. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f06a34af4632c1da72b95b4baa28f1dc.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Archive (BAB I)
4375a88350856872606623d884f1aa66.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Archive (BAB II)
4b6835374959078d31194496cedf9c47.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah Emosi dan Perilaku pada remaja merupakan masalah yang cukup serius, karena berdampak terhadapperkembangannya, serta dapat menimbulkan hendaya dan menurunkan produktivitas serta kualitas hidupnya. Pola asuhAutoritatifdan efikasi diri yang tinggi akan menurunkan masalah emosi dan perilaku remaja. Tujuan: Mengetahui hubungan pola asuh autoritatif dan efikasi diri dengan masalah emosi dan perilaku siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Klungkung. Metodelogi: Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental observasional dengan rancangan cross sectional. Analisis bersifat deskriptif analitik. Pengambilan sampel secara acak sederhana. Alat Ukur dengan menggunakan kuesionerPola Asuh Autoritatif,Kuesioner Efikasi Diri dan kuesioner strength and difficulty quisioner (SDQ). Data dianalisis menggunakan uji pearson dengan regresi linier. Subjek penelitian yang dianalisis sebanyak 120 orang.Hasil Pola AsuhAutoritatif berhubungan negatif dengan masalah emosi dan perilaku dengan nilai (r=-0,384, p=0,000). Efikasi diri berhubungan negatif dengan masalah emosi dan perilaku dengan nilai (r=-0,311, p=0,000). Hasil análisis regresi linier menunjukkan R=0,430 (F=13,295;p=0,000) dengan demikian Pola asuh autoritatif dan efikasi diri bersama-sama berperan terhadap masalah emosi dan perilaku. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,185 menunjukkan sumbangan efektif dari pola asuh autoritatif dan efikasi diri terhadap masalah emosi dan perilaku sebesar 18.5%.Nilai beta terstandarisasi pada pola asuh autoritatif dengan masalah emosi dan perilaku sebesar -0,315 (p=0,001), sedangkan pada efikasi diri dengan masalah emosi dan perilaku sebesar -0,205 (p= 0,022). Dengan demikian dapat disebutkan peran pola asuh autoritatiflebih besar dari pada efikasi diri terhadap masalah emosi dan perilaku. Kata Kunci: pola asuh autoritatif, efikasi diri, masalah emosi dan perilaku, remaja SMA

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pola asuh autoritatif, efikasi diri, masalah emosi dan perilaku, remaja SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item