UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS REPORT TEXT MELALUI MIND MAPPING PADA KELAS XI IPA 7 DI SMAN 8 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Anak Agung Istri Manik Warmadewi, Anak Agung Istri Manik Warmadewi (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS REPORT TEXT MELALUI MIND MAPPING PADA KELAS XI IPA 7 DI SMAN 8 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e31cfcd5efe71ef40703e2c4549fb937.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Archive (BAB I)
4ac4ec4743457d1e4ace52cacc9194c8.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Archive (BAB II)
572f32f8ad5ba7a927e7877b25979589.pdf - Published Version

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan peserta didik dalam menulis text, khususnya report text. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas, selain itu mind mapping sebagai metode pembelajaran diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis report text sebelum diterapkannya mind mapping; (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis report text sesudah diterapkannya mind mapping; dan (3) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam belajar menulis khususnya dalam menulis report text. Teori konstruktivisme digunakan untuk menentukan model pembelajaran, dalam hal ini searah dengan metode mind mapping. Teori tata bahasa dan teori menulis digunakan sebagai acuan dalam membuat rubrik penilaian. Metode pengumpulan data dan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes dan kuesioner, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram dengan penjelasan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tes awal (pratindakan) menunjukkan nilai minimal adalah 60 dan nilai maksimal adalah 80. Sebanyak 36 orang siswa (94,73%) belum mencapai KKM dan 2 orang siswa (5,26%) mampu mencapai nilai KKM, yaitu 78 ke atas. (2) Pada siklus I mind mapping diterapkan, hasilnya menunjukkan sebanyak 11,90% peserta didik mampu memperoleh nilai yang mencapai KKM, dan 88,09% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM, yaitu di bawah nilai 78. Nilai terendah adalah 71 dan nilai tertinggi adalah 83, dengan nilai rata-rata 75,2. Pada siklus II, hasil karangan peserta didik memenuhi KKM dengan nilai terendah 78 dan nilai tertinggi, yaitu 89 dengan nilai rata-rata 81,5. (3) Kendala-kendala yang dihadapi siswa selama pelaksanaan tindakan, yaitu keterbatasan pengetahuan siswa dalam menulis karangan yang baik sesuai dengan struktur karangan tersebut dan suasana kelas yang gaduh merupakan salah satu kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mind mapping, menulis, report text
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item