UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

KEMAMPUAN MENULIS RECOUNT TEXT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PPP (PRESENTATION, PRACTICE, AND PRODUCTION) SISWA KELAS VIII SMP PGRI 4 DENPASAR

I Ketut Oka Ribawa, I Ketut Oka Ribawa (2016) KEMAMPUAN MENULIS RECOUNT TEXT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PPP (PRESENTATION, PRACTICE, AND PRODUCTION) SISWA KELAS VIII SMP PGRI 4 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
05e508cee5a9ba37f6a7484c3502201b.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Archive (BAB I)
aac52b213dbe5e7087343f4f84621c18.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Archive (BAB II)
fd4b9994c05b98cae1f1f39184146112.pdf - Published Version

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi belajar menulis recount text pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 4 Denpasar sebelum dan setelah diterapkannya metode PPP (presentation, practice, and production). Di samping itu, juga untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis recount text dengan menerapkan metode pembelajaran PPP (presentation, practice, and production). Data dikumpulkan melalui metode observasi dan metode dokumentasi dengan teknik penugasan, kuesioner, wawancara, catatan langsung, serta dokumentasi berupa hasil karangan recount text dan foto-foto selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik juga dengan penjelasan deskripsi. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran dan pengajaran bahasa serta beberapa teori pendukung, seperti teori menulis dan teori tata bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada tahap pratindakan sebelum diterapkan metode pembelajaran PPP, nilai rerata peserta didik adalah 67,07 dengan kategori kurang dan ditemukan banyak kesalahan dalam aspek organisasi, ketidaksesuaian dalam pengembangan ide karangan, kesalahan penggunaan tata bahasa Inggris, dan kesalahan mekanik penulisan. (2) Setelah diberikan treatment dengan penerapan metode pembelajaran PPP (presentation, practice, and production) nilai rerata peserta didik meningkat menjadi 73,08 pada siklus I dan 78,38 pada siklus II. Peningkatan tersebut dilihat dari hasil karangan peserta didik yang menunjukkan berkurangnya kesalahan pada aspek organisasi, pengembangan ide yang tepat, penggunaan tata bahasa Inggris yang benar, dan mekanik penulisan yang sesuai dengan kaidah yang benar. (3) Faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik adalah (a) media role play, (b) bimbingan dan latihan berulang-ulang, dan (c) motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis, recount text, PPP (presentation, practice, and production)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item