UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pelaksanaan Pengawasan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar Terhadap Pelaku Usaha yang Mencantumkan Klausula Eksonerasi Pada Nota Pembelian

Zhanniza Elrian Angelita, ZHANNIZA ELRIAN ANGELITA (2016) Pelaksanaan Pengawasan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar Terhadap Pelaku Usaha yang Mencantumkan Klausula Eksonerasi Pada Nota Pembelian. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
d7763ff85a49c4a550973e739d583eaa.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Archive (BAB I)
9cc0c919816456d3329177f6800ff373.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Archive (BAB II)
1a9983f1aa4d8f90386e092e35e8e08c.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar adalah bagian dari Pemerintah yang memiliki tugas untuk mengawasi pelaksanaan perlindungan konsumen di Kota Denpasar, sebagaimana diatur dalam Pasal 233 ayat (2) Peraturan Walikota Denpasar Nomor 33 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Jabatan pada Organisasi Dinas Daerah (Berita Daerah Kota Denpasar Tahun 2008 Nomor 33). Adapun hal-hal yang diawasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar salah satunya adalah mengenai larangan pencantuman klausula eksonerasi pada nota pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pengawasan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar terhadap pelaku usaha yang mencantumkan klausula eksonerasi pada nota pembelian, dan mengetahui akibat hukum terhadap pelaku usaha yang mencantumkan klausula eksonerasi pada nota pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum empiris, yaitu penelitian hukum yang mengungkapkan hukum yang hidup dalam masyarakat melalui perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan fakta. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pengawasan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar terhadap pelaku usaha yang mencantumkan klausula eksonerasi belum terlaksana dengan efektif, karena 12 (dua belas) nota pembeilan yang diperlihatkan oleh 9 (sembilan) orang responden seluruhnya mencantumkan klausula eksonerasi. Selanjutnya, akibat hukum terhadap pelaku usaha yang mencantumkan klasula eksonerasi pada nota pembelian adalah timbulnya kewajiban dari pelaku usaha untuk memberikan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian kepada konsumen, apabila barang yang diterima oleh konsumen ternyata tidak sesuai dengan perjanjian atau sebagaimana mestinya. Akibat hukum lain yang ditimbulkan terhadap pelaku usaha yang mancantumkan klausula eksonerasi pada nota pembelian adalah, pelaku usaha tersebut dapat dipidana dengan pidana penjara atau pidana denda, sebagaimana diatur dalam Pasal 62 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Denpasar, Klausula Eksonerasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item