UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

KONSEKUENSI HUKUM PENETAPAN PENGADILAN SEHUBUNGAN DENGAN PENGANGKATAN ANAK OLEH ORANG TUA TUNGGAL ( Single Parent Adoption) ( Studi Kasus Pengadilan Negeri Denpasar)

Ni Luh Putu Widiastuti, NI LUH PUTU WIDIASTUTI (2016) KONSEKUENSI HUKUM PENETAPAN PENGADILAN SEHUBUNGAN DENGAN PENGANGKATAN ANAK OLEH ORANG TUA TUNGGAL ( Single Parent Adoption) ( Studi Kasus Pengadilan Negeri Denpasar). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
4d8c1202206e5b62a6c93efa2d6cc60b.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Archive (BAB I)
c76195001210f64477a59fc4e3efff10.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Archive (BAB II)
42c20c490915f6051ec86dcf5b315f6f.pdf - Published Version

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Pengangkatan anak oleh orang tua tunggal dapat dilakukan apabila seseorang tidak memiliki keturunan, proses pengangkatan anak dilakukan berdasarkan ketentuan perundang-undangan ataupun ketentuan adat istiadat setempat. Pengangkatan anak kemudian disahkan melalui Penetapan pengadilan agar mendapatkan kepastian hukum.. Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu : Bagaimana pelaksanaan pengangkatan anak oleh orang tua tunggal dan Bagaimana konsekuensi hukum penetapan pengadilan terkait pengangkatan anak oleh orang tua tunggal. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan kasus dengan melakukan studi kasus terhadap Penetapan Pengadilan Negeri Denpasar Nomor : 30/PDT.P/2012/PN.DPS dan pendekatan perundang-undangan Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui Pelaksanaan Pengangkatan anak yang telah terjadi di Desa Kedua (Studi Kasus) dilakukan oleh orang tua angkat yang tidak menikah (lajang) dan hal tersebut tidak sesuai dengan isi awig-awig desa adat setempat, yang mensyaratkan pengangkatan anak dapat dilakukan oleh orang yang sudah menikah. Konsekuensi hukum Penetapan Pengadilan terkait pengangkatan anak oleh orang tua tunggal adalah anak angkat yang diangkat secara adat bali dianggap sah secara hukum nasional, walaupun putusan pengangkatan tersebut dapat dibatalkan secara hukum karena proses pengangkatan secara hukum adatnya tidak sesuai dengan ketentuan awig-awig yang berlaku di desa setempat (studi kasus), Penetapan Pengadilan tentang pengangkatan anak secara otomatis akan memunculkan hak dan kewajiban anak angkat kepada orang tua angkatnya begitu juga sebaliknya hak dan kewajiban orang tua angkat dengan anak angkatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengangkatan anak, orang tua tunggal, anak angkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item