UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Penganggaran Partisipatif pada Budgetary Slack dengan Komitmen Organisasi, Internal Locus of Control dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada SKPD di Pemerintah Provinsi Bali).

I Gusti Ayu Asti Pratini, I Gusti Ayu Asti Pratini (2016) Pengaruh Penganggaran Partisipatif pada Budgetary Slack dengan Komitmen Organisasi, Internal Locus of Control dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada SKPD di Pemerintah Provinsi Bali). Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1b530fb7ad613ee87e7cd697c920c341.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Archive (BAB I)
7480fb55000dc92a489bd9be21bf056d.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Archive (BAB II)
3dca3c37bf5302e4de684ee79694d01b.pdf - Published Version

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti secara empiris moderasi komitmen organisasi, internal locus of control dan ketidakpastian lingkungan terhadap pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang tidak konsisten terkait dengan pengaruh penganggaran pasrtisipatif pada budgetary slack. Perbedaan hasil penelitian tersebut dapat diselesaikan melalui pendekatan kontinjensi (contingency approach) dan variabel komitmen organisasi, internal locus of control dan ketidakpastian lingkungan diduga sebagai variabel pemoderasi pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack. Pengumpulan data menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 232 pejabat eselon SKPD di Pemerintah Provinsi Bali yang dipilih berdasarkan metode proportionate stratified random samping. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi (MRA). Sebelum melakukan analisis regresi moderasi, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik untuk mengetahui hasil estimasi regresi yang dilakukan terbebas dari gejala heteroskedastisitas serta model regresi memiliki distribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji ketepatan model (goodness of fit) dengan melihat nilai koefisien determinasi (adjusted R2), hasil uji kelayakan model (uji-F) dan hasil uji hipotesis (uji-t). Hasil yang diperoleh adalah hasil uji komitmen organisasi (H1) menunjukan bahwa nilai koefisien beta adalah -0,043 dengan angka probabilitas dan signifikansi sebesar 0,012 < 0,05; maka H1 diterima, berarti terdapat moderasi komitmen organisasi dan memperlemah pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack. Hasil uji internal locus of control (H2) menunjukan bahwa nilai koefisien beta adalah -0,237 dengan angka probabilitas dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; maka H2 diterima, berarti terdapat moderasi internal locus of control dan memperlemah pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack. Hasil uji hipotesis ketidakpastian lingkungan (H3) menunjukan bahwa nilai koefisien adalah 0,105 dengan angka probabilitas dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; maka H3 diterima, berarti terdapat moderasi ketidakpastian lingkungan dan memperkuat pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: budgetary slack, penganggaran partisipatif, komitmen organisasi, internal locus of control, ketidakpastian lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item