UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERKEMBANGAN TATA RUANG PERMUKIMAN NELAYAN DI DUSUN UJUNG PESISI DESA TUMBU KARANGASEM

I Komang Dody Kastama Yasa, I Komang Dody Kastama Yasa (2016) PERKEMBANGAN TATA RUANG PERMUKIMAN NELAYAN DI DUSUN UJUNG PESISI DESA TUMBU KARANGASEM. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6178f8ad974439fbc10d479b78cf7e34.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Archive (BAB I)
bb4216fd8e083cf8e91b586bbc1ad1a5.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Archive (BAB II)
c9bbb379c4a29e656f60893b507ef3d6.pdf - Published Version

Download (462kB)

Abstract

Dusun Ujung Pesisi merupakan salah satu permukiman nelayan yang ada di Kabupaten Karangasem. Dusun Ujung Pesisi terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Keberadaan Dusun Ujung Pesisi tersebut bersamaan dengan adanya Taman Soekasada Ujung, dimana masyarakat Ujung Pesisi sendiri merupakan penduduk asli Lombok yang dibawa oleh Raja Karangasem pada saat perang samplangan terjadi. Permukiman nelayan yang terdapat di Dusun Ujung Pesisi saat ini mengalami perkembangan yang cukup tinggi, baik itu perkembangan tata ruang maupun infratruktur jalan yang ada. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, permukiman ini sudah ada sejak Pemerintahan Raja Karangasem. Perkembangan permukiman ini semakin pesat hingga membentuk Dusun dan kini mulai meluas ke wilayah sekitarnya. Berdasarkan fenomena tersebut, perlu diketahui tahapan perkembangan yang terjadi, baik itu tata zonasi dan infrastruktur jalan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan proses penelitian menyelidiki suatu fenomena yang terjadi terkait perkembangan dari tahun ketahun. Langkah penelitian yang dilakukan yaitu grandtour, observasi, rekonstruksi dan wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan tahapan perkembangan dari periode I sampai masa IV dengan kurun waktu 65 tahun (1950-2015) warga Ujung Pesisi mampu membentuk sebuah Dusun yang bernama Dusun Ujung Pesisi dengan jumlah penduduk 967 atau 256 KK. Berdasarkan tahapan perkembangan yang terjadi di Dusun Ujung Pesisi teridentifikasi tipe perkembangan yang memanjang merembet ke koridor jalan utama dengan munculnya fasilitas baru di dalamnya sebagai daya tarik. Perkembangan sistem infrastruktur jalan yang terjadi setelah bencana Gunung Agung meletus membentuk jalan-jalan lingkungan baru secara swadaya dan donatur. Organisasi kemasyarakatan yang terbentu adalah organisasi kelompok nelayan dan kelompok pedagang ikan dengan mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah. Hubungan kekerabatan yang terjadi antara warga Dusun Ujung Pesisi dengan warga Daerah sekitar sangat erat terjalin, baik itu warga yang beragama Islam maupun Hindu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dusun Ujung Pesisi, Perkembangan, Nelayan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11706

Actions (login required)

View Item View Item